SKI Learning Transformation: Optimizing Learning Results Through Singing Methods at MTsN 1 City of Padang
Abstract
Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) di madrasah sering menghadapi kendala terkait rendahnya minat dan motivasi siswa, khususnya jika metode yang digunakan bersifat tradisional. Hal ini berpengaruh pada rendahnya capaian belajar siswa, seperti yang terlihat pada siswa kelas IX 8 di MTsN 1 Kota Padang, di mana hanya 29,03% yang lulus Kriteria Ketuntasan Minimal dengan rata-rata nilai 72,6. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan capaian belajar siswa melalui metode pembelajaran bernyanyi. Dengan pendekatan kuantitatif dan desain eksperimen semu, penelitian ini melibatkan dua kelompok: kelas eksperimen (IX 8) dengan metode bernyanyi dan kelas kontrol (IX 7) yang menggunakan metode tradisional. Hasilnya menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen, dengan nilai rata-rata meningkat dari 72,6 menjadi 95,7, serta seluruh siswa (100%) berhasil mencapai KKM. Metode bernyanyi terbukti menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif, menyenangkan, dan mampu meningkatkan motivasi, partisipasi, serta daya ingat siswa. Studi ini memberikan kontribusi terhadap pengembangan inovasi pembelajaran dalam pendidikan Islam, khususnya untuk mata pelajaran SKI.
Kata Kunci: Metode Bernyanyi, Sejarah Kebudayaan Islam, Hasil Belajar, Pendidikan Islam, Konstruktivisme
Full Text:
PDFReferences
Aprilia, I., Nelson, N., Rahmaningsih, S., & Warsah, I. (2020). Implementasi Metode Pembelajaran Bervariasi pada Materi SKI di Madrasah Ibtidaiyyah. JIP Jurnal Ilmiah PGMI, 6(1), 52–72.
Baharun, H. (2015). Penerapan pembelajaran active learning untuk meningkatkan hasil belajar siswa di madrasah. PEDAGOGIK: Jurnal Pendidikan, 1(1). http://ejournal.unuja.ac.id/index.php/pedagogik/article/download/14/14
Bokiev, D., Bokiev, U., Aralas, D., Ismail, L., & Othman, M. (2018). Utilizing music and songs to promote student engagement in ESL classrooms. International Journal of Academic Research in Business and Social Sciences, 8(12), 314–332.
Bruner, J. (1996). The Culture of Education. Harvard University Press. https://doi.org/10.4159/9780674251083
Creswell, J. W., & Creswell, J. D. (2017). Research design: Qualitative, quantitative, and mixed methods approaches. Sage publications.
Departemen Agama, R. I. (2009). Al-Qur’an dan Terjemah Special for Woman. Bandung: Sygma Examedia Arkanleema.
Depdiknas, U. U. S. (2003). UU RI No. 20 Tahun 2003. Jakarta: Sinar Grafika.
Dyramoti, M., & Wahyuningsih, R. (2022). Pengaruh Aktivitas Bernyanyi terhadap Daya Ingat, Motivasi Belajar, dan Kreativitas Anak di TK Methodist Jakarta Utara. Jurnal Paud Agapedia, 6(2), 197–208.
Fatmawati, Z., & Wathon, A. (2019). Pengembangan Alat Permainan Edukatif Melalui Klasifikasi Media Pembelajaran. Sistim Informasi Manajemen, 2(1), 188–214.
Fedi, S., Blikololong, M. H. O., & Jeramat, E. (2020). Pengaruh Pembelajaran Tutor Sebaya Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas Vii Pada Pokok Bahasan Segi Empat Semester Ii Smpk Immaculata Ruteng Tahun Ajaran 2018/2019”. JIPD (Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar), 4(2), 91–98.
Fitriani, A., Susiawati, I., & Utami, D. (2023). Metode Bernyanyi dalam Pembelajaran Mufradat di Madrasah Tsanawiyah Nurul Hikmah Haurgeulis. Journal on Education, 5(3), 6396–6406.
Gardner, H. E. (2011). Frames of mind: The theory of multiple intelligences. Basic books.
Hyun, H. (2014). How to design and evaluate research in education. Mcgraw-hill Education-Europe.
Japar, M., Fadhillah, D. N., & Hp, G. L. (2019). Media dan teknologi pembelajaran ppkn. Jakad Media Publishing.
Kahramonovich, P. L. (2024). TEACHING GROUP SINGING IN MUSIC CULTURE CLASSES. American Journal of Innovation in Science Research and Development, 1(10), 25–30.
Lubis, N. A., Munadia, K., Hasibuan, I. K., & Lubis, H. Z. (2024). Penerapan Metode Bernyanyi dalam Meningkatkan Penguasaan Mufradat pada Anak Usia 5-6 Tahun. Absorbent Mind, 4(2), 329–339.
Malik, A., Hasibuddin, M., & Syahid, A. (2022). Penerapan metode bernyanyi dalam meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran pendidikan agama islam. Education and Learning Journal, 3(1), 61–67.
Mariappan, L. (2024). From Boredom to Excitement: Transforming Classroom Activities with Realia-Based Games. Journal of Electrical Systems, 20(5s), 1600–1606.
Ma’rifah, I. (2010). Strategi Pembelajaran BCM (Bermain, Cerita, Menyanyi) dalam membina akhlak Anak Usia Dini di RA Pesantren Sabiilil Muttaqin Jeli Karangrejo Tulungagung. [PhD Thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/id/eprint/45012
Mashuri, M., & Dewi, M. (2017). Penerapan Metode Bernyanyi Dan Media Flash Card Untuk Meningkatkan Daya Ingat Anak Dalam Pengenalan Huruf Hijaiyyah Di TPA Darul Falah Gampong Pineung. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 7(2), 346–364.
Piaget, J. (1896). Theory of cognitive development. Geneva, Switzerland: International Bureau of Education, University of Geneva.
Racy, A. J., & Racy, A. J. (2004). Making music in the Arab world: The culture and artistry of Tarab. Cambridge University Press.
Risaldy, S. (2014). Bermain, bercerita & menyanyi bagi anak usia dini. Jakarta: PT. Luxima Metro Media.
Ruskandi, K., Pratama, E. Y., & Asri, D. J. N. (2021). Transformasi Arah Tujuan Pendidikan di Era Society 5.0. CV. Caraka Khatulistiwa.
Schellenberg, E. G. (2004). Music Lessons Enhance IQ. Psychological Science, 15(8), 511–514. https://doi.org/10.1111/j.0956-7976.2004.00711.x
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D. https://digilib.unigres.ac.id/index.php?p=show_detail&id=43
Susiyati, S., Mayangsari, D., & Adhani, D. N. (2019). Pengaruh metode bernyanyi terhadap kemampuan klasifikasi benda pada anak kelompok A di TK Dharma Wanita Blaban Batumar-Mar Pamekasan. Jurnal CARE (Children Advisory Research and Education), 7(1), 15–26.
Sutiah, D., & Pd, M. (2020). Teori belajar dan pembelajaran. Nlc.
Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes (Vol. 86). Harvard university press.
Wulandari, F., & Subairi, A. (2024). Pemperdayaan Peserta Didik Mdta Al-Mukarromah Melalui Metode Bernyanyi Untuk Meningkatkan Daya Ingat. Dakwatul Islam, 8(2), 111–131.
Yusmanto, Y. (2018). Peningkatan hasil belajar matematika melalui metode bernyanyi di madrasah ibtidaiyah. Jurnal Pendidikan: Riset dan Konseptual, 2(3), 313–319.
DOI: https://doi.org/10.31869/ruhama.v8i1.6560
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
INDEXED BY :
Pascasarjana UM Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.