PENGARUH PENDIDIKAN KESEHATAN DENGAN PERMAINAN BINGO TERHADAP PENGETAHUAN DIARE ANAK SEKOLAH DASAR
Sari
Latar belakang: Kejadian diare di Indonesia masih tergolong tinggi. Berdasarkan data Kemenkes RI pada tahun 2018 jumlah penderita diare sebanyak 255.909. Diare merupakan masalah kesehatan umum yang terjadi pada anak-anak, dapat disebabkan oleh kurangnya pengetahuan tentang pencegahan. Pendidikan kesehatan dengan metode permainan interaktif seperti bingo dapat menjadi salah satu media edukasi dalam meningkatkan pengetahuan. Metode: Desain penelitian ini adalah quasi-eksperimental dengan pendekatan one group pre-test dan post-test. Sampel berjumlah 36 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Intervensi berupa pendidikan kesehatan dengan permainan bingo. Uji statistik yang digunakan yaitu Wilcoxon Signed Rank Test. Hasil: Hasil penelitian ini diperoleh terdapat pengaruh permainan bingo terhadap pengetahuan tentang diare dengan nilai p=0,001 < 0,05. Diskusi: Pendidikan kesehatan menggunakan metode permainan bingo efektif meningkatkan pengetahuan siswa tentang diare.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Adventus, Jaya, I. M. M., & Mahendra, D. (2019). Buku Ajar Promosi Kesehatan. Universitas Kristen Indonesia.
Aji, S. P., Nugroho, F. S., & Rahardjo, B. (2023). Promosi dan pendidikan kesehatan di masyarakat (Strategi dan tahapannya). PT. Global Eksekutif Teknologi.
Almira, R., Melani, V., Angkasa, D., & Dewanti, L. P. (2022). Pengaruh Media Nutrition Bingo terhadap Pengetahuan dan Sikap Gizi Seimbang serta Keanekaragaman Pangan pada Anak Usia 10-12 Tahun di Jakarta Timur. Journal of Nutrition College, 11(4), 310-321. https://doi.org/10.14710/jnc.v11i4.32915
Anggraini, D. D., Izza, N. C., Fajriah, A. S., Tambuala, F. H., Ningsih, A. P., Littik,
S. K. A., Maria, D., Hayati, Z., Sari, M., & others. (2023). Promosi dan sasaran pendidikan kesehatan.
Astuti, D. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan dengan media video dan poster terhadap pengetahuan dan sikap anak kelas IV SDN 65 Seluma dalam pencegahan penyakit diare (Skripsi). Universitas Muhammadiyah Bengkulu, Bengkulu.
Azis, N., Dupai, L., & Jumakill. (2018). Pengaruh Metode Monopoli Dan Ceramah Terhadap Pengetahuan, Sikap Dan Tindakan Tentang Kejadian Diare Pada Murid Sd Di Wilayah Kerja Puskesmas Besulutu Kabupaten Konawe Tahun 2017. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat, 3(1), 1-11.
Dinas Kesehatan Kabupaten Kuningan. (2022). Kilas info care of diarrhea, https://dinkes.kuningankab.go.id/2022/11/25/kilas-info-care-of-diarrhea/, diakses 10 Oktober 2024.
Dwi Marliana, D. (2021). Manajemen media sosial pada anak usia sekolah (AUS).
Dwiyono, H. Y. (2021). Perkembangan peserta didik. Deepublish.
Edelman, C., & Kudzma, E. C. (2021). Health promotion throughout the life span- e-book. Elsevier Health Sciences.
Florez, I. D., Nino-Serna, L. F., & Beltrán-Arroyave, C. P. (2020). Acute infectious diarrhea and gastroenteritis in children. Current Infectious Disease Reports, 22, 1-12. https://doi.org/10.1007/s11908-020-0713-6
Harsismanto, J., Oktavidiati, E., & Astuti, D. (2019). Pengaruh pendidikan kesehatan media video dan poster terhadap pengetahuan dan sikap anak dalam pencegahan penyakit diare. Jurnal Kesmas Asclepius, 1(1), 75-85
Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2018). Profil kesehatan Indonesia tahun 2018. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.
Khaulani, F., S, N., & Irdamurni, I. (2020). Fase dan tugas perkembangan anak sekolah dasar. Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 7(1), 51. https://doi.org/10.30659/pendas.7.1.51-59
Maryunani, A. (2018). Konsep dasar diare. Jurnal Ngatsyah, 3, 8-31.
Masturoh, I., & Anggita, T. N. (2018). Metodologi penelitian kesehatan. Jakarta: Kemenkes RI.
Mulyawati, F., Pribadi, R. A., & Jamaludin, U. (2023). Karakteristik belajar dan pembelajaran anak usia sekolah dasar (SD). Didaktik: Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 10(1), 15-25.
M.Khalid Fredy Saputra, Dian Jayantari Putri K. Hedo, Yogi Ferdy irawan, Nur Gilang Fitriana, Budi Setyawati, Farida Anwari, & Abdul Kohar Mudzakir. (2023). Pendidikan Kesehatan Dan Ilmu Gizi Remaja - Google Books
Oktaviani, T., Dewi, E. R. S., & Kiswoyo. (2019). Penerapan Pembelajaran Aktif dengan Metode Permainan Bingo untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika. Jurnal Mimbar Ilmu. https://doi.org/10.23887/mi.v24i1.17409
Rahayu, A., Pramono, J. S., & Palin, Y. T. (2024). Perbandingan Keefektifan Media Dire Game (Diarrhea Prevention Game) dengan Media PowerPoint terhadap Pengetahuan dan Sikap tentang Pencegahan Diare pada Siswa SD Negeri 006 Loa Janan Ilir Tahun 2024. Zahra: Journal of Health and Medical Research, 4(4), 623-645.
Rosyida, R. H., Anjelika, S. D., Septiyanto, I. S., & Zulfahmi, M. N. (2025). Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Siswa Sekolah Dasar Melalui Permainan Bingo yang Menyenangkan dan Interaktif. Pragmatik: Jurnal Rumpun Ilmu Bahasa dan Pendidikan, 3(1), 216-227.
Sahnaputri, F., & Kareviati, E. (n.d.). Students’ responses toward the implementation of bingo game with scientific approach in teaching writing descriptive text. https://doi.org/10.22460/project.v4i3.p392-396
Sander, M. A., Sander, M. S., Isaac-Renton, J. L., & Croxen, M. A. (2019). The cutaneous microbiome: Implications for dermatology practice. Journal of Cutaneous Medicine and Surgery, 23(4),436-441. https://doi.org/10.1177/1203475419839939
Wibowo, T. S. (2019). Indonesian Journal of Global Health Research. Indonesian Journal of Global Health Research, 2(4), 14–19. https://doi.org/10.37287/ijghr.v2i4.250
Zubir, Juffrie, M., & Wibowo, T. (2020). Faktor-faktor risiko kejadian diare akut pada anak di Kabupaten Bantul. Sains Kesehatan.
DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v8i1.6301
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
Kunjungan Saat ini
Kunjungan Dari Negara
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.