Pola Interaksi Guru PAI dan Siswa dalam Membangun Suasana Belajar yang Kondusif pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 1 Sungai Pua

Mufida Nadila, M Isnando Tamrin, M Isnando Tamrin, M Isnando Tamrin, Nurhasnah Nurhasnah, Nurhasnah Nurhasnah, M Arif, Nurhasnah Nurhasnah, Penmardianto Penmardianto, M Arif, M Arif, Penmardianto Penmardianto, Penmardianto Penmardianto

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola interaksi antara guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan siswa dalam membangun lingkungan belajar yang mendukung bagi siswa kelas VII, serta mengidentifikasi faktor-faktor yang mendukung dan menghambat pola interaksi tersebut di SMP Negeri 1 Sungai Pua. Penelitian ini menerapkan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Pendekatan ini dimaksudkan untuk menguraikan permasalahan secara mendetail dan faktual, mencerminkan situasi serta peristiwa yang terjadi di lapangan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian lapangan  (field research). Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Informan kunci terdiri dari satu orang guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan enam orang siswa kelas VII. Sementara itu, informan pendukungnya yakni Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Sungai Pua. Analisis data dilakukan melalui empat tahap : (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa pola interaksi antara guru PAI dan siswa belum sepenuhnya memuaskan dan masih memiliki kekurangan. Terdapat tiga jenis pola interaksi : (1) satu arah, (2) dua arah, dan (3) multi arah. Meskipun ketiga pola interaksi tersebut sudah diterapkan, pelaksanaannya belum sepenuhnya optimal. Faktor pendukung pola interaksi meliputi penguasaan materi pelajaran, pengelolaan program pembelajaran, pengelolaan kelas, dan penggunaan media atau sumber belajar, sedangkan tinjauan dari faktor penghambat, meliputi hambatan fisik, hambatan semantik, dan hambatan perilaku.

 

Kata Kunci : Pola Interaksi, Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dan Siswa, Suasana Belajar Kondusif

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Fadhliyah, Nur. (2023). Kompetensi Sosial Pendidik dalam Perspektif Al-Qur’an. cet. ke-1. Jakarta: Publica Indonesia Utama.

Lestari, Ayu. (2017). “Konsep Guru dan Anak didik dalam Pendidikan Akhlak Menurut Maskawaih,” Tarbawi, Vol. 14, No. 2.

Muhid, dkk. (2023). “Relevansi Bilangan Ganjil dan Tradisi Tikrar dalam Pemeliharaan Hadis di Era Nabi,” Cendekia, Vol. 9, No. 1.

Rahmi, Iswantir, dan Helmi. (2023). Inovasi Pembelajaran Fiqih di Madrasah. cet. ke-1. Yogyakarta: Deepublish.

Rumondor, Prasetio. (2020). “Pola Interaksi Guru PAI dengan Siswa dalam Meningkatkan Hasil Belajar di SMA Negeri 1 Belang.” Al-Hikmah, Vol. 2, No. 2.

Sani, Ridwan Abdullah dan Muhammad Rahman. (2022). Monograf Komunikasi Efektif dan Hasil Belajar. Bandung: Media Sains Indonesia.

Sulantara, I Made Eka. (2020). Buku Ajar Micro Teaching Mengajar dalam Teori dan Praktik. Bali: Nilacakra.

Shihab, M. Quraish. (2015). Tafsir Al-Misbah: Pesan, Kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Jakarta: Lentera Hati.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.7296

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.