EFEK KONSUMSI BUAH PEPAYA TERHADAP PENINGKATAN PRODUKSI ASI PADA IBU POSTPARTUM DI WILAYAH PUSKESMAS SIAK DAN PUSKESMAS MEMPURA
Sari
Air Susu Ibu (ASI) merupakan makanan terbaik untuk bayi. Produksi ASI yang sedikit menjadi masalah utama para ibu yang baru melahirkan. Buah Pepaya merupakan jenis makanan yang mengandung Laktogogum yaitu zat gizi yang dapat meningkatkan dan melancarkan produksi ASI terutama pada ibu postpartum yang mengalami masalah dalam produksi ASI. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efek konsumsi buah pepaya terhadap peningkatan produksi ASI pada Ibu Postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Siak dan Puskesmas Mempura. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan menggunakan rancangan sebelum dan sesudah intervensi menggunakan 1 kelompok. Desain penelitian menggunakan one group before and after intervention design, atau pre and post test design. Sampel penelitian ini adalah ibu post partum 4 -10 hari postpartum sebanyak 33 orang yang menyusui di wilayah kerja Puskesmas Siak dan Puskesmas Mempura. Hasil penelitian menunjukkan bahwa produksi ASI sebelum konsumsi buah pepaya rata-rata adalah 20,9 kali dengan standar deviasi 11,915 dan setelah mengkonsumsi buah pepaya rata-rata mengalami peningkatan menjadi 66 kali dengan standar deviasi 31,244. Korelasi antara 2 variabel adalah sebesar 0,742 dan perbedaan nilai rata-rata peningkatan produksi ASI pada ibu yang tidak mengkonsumsi dan mengkonsumsi buah pepaya adalah 4,141 dengan sig 0,000, maka berarti bahwa rata2 produksi ASI sebelum dan sesudah konsumsi buah pepaya mengalami perbedaan. Dapat disimpulkan bahwa pemberian buah pepaya dapat mempengaruhi peningkatan produksi ASI ibu postpartum di Wilayah Kerja Puskesmas Siak dan Puskesmas Mempura.
Kata Kunci : Pepaya, Produksi ASI, Ibu PostpartumReferensi
Kharisma Y. (2017). Tinjauan pemanfaatantanaman pepaya dalam kesehatan.Bandung: FakultasKedokteranUniversitas Islam Bandung
Harismayanti, dkk. (2018). Pengaruh Konsumsi Jantung Pisang Terhadap Peningkatan Produksi ASI pada Ibu Masa Nifas. Prosiding Seminar Nasional 2018. ISBN978-602-6988-58-4
Dewi, Vivian N.L, & Sunarsih, Tri. (2013). Asuhan Kebidanan pada Ibu Nifas. Jakarta : Salemba Medika
Kementerian Kesehatan RI. (2014). Cakupan Rata-rata ASI Eksklusif di Dunia. Pusat Data dan Informasi 2014.Kementerian Kesehatan RI
Profil Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru Tahun 2014
Santoso, U. (2009). Mengenal Daun Katuk dan Manfaatnya, diakses dari http://uripsantoso.wordpress.com.
Istiqomah S.B.T., Wulandari D.T., Azizah N. (2015). Pengaruh Buah Pepaya Terhadap Kelancaran Produksi ASI Pada Ibu Menyusui Di Desa Wonojerto Wilayah Puskesmas Peterongan Jombang Tahun 2014. Jurnal Edu Health. Vol. 5. No.2. September 2015.
Depkes, RI. (2012). Data ASI Ekslusif Kemenkes. Direktorat Gizi Masyarakat
Mustika, I. (2016). Determinan Pemberian ASI eksklusif Pada Ibu Menyusui.Journal Of Health Science and Prevention, Vol. 1(1), April 2017 (ISSN 2549-919)
Kamariyah, N. (2014). Kondisi Psikologi Mempengaruhi Produksi ASI Ibu
Menyusui di BPS Aski Pakis Sido Kumpul. Jurnal Ilmiah Kesehatan, Vol 7,
No 12, Februari 2014, Hal 29-36.
Khamzah, Siti Nur. (2012). Segudang Keajaiban ASI yang Harus Anda Ketahui. Yogyakarta : FlashBooks.
Turlina, L. Wijayanti, R. (2015). Pengaruh pemberian serbuk daun pepaya terhadap kelancaran ASI pada ibu nifas di BPM Ny. Hanik Dasiyem, Amd. Keb di Kedungpring Kabupaten Lamongan. Jurnal. Vol.07. No.1. April 2015
Ambarwati, R.E, Wulandari, D. (2009). Asuhan Kebidanan Nifas. Jogjakarta : Mitra Cendekia Press.
Rukiyah, dkk. (2011). Asuhan Kebidanan III (Nifas). Jakarta : Trans Info Media
Prasetyo, D.S. (2011). Buku Pintar ASI Ekslusif. Jogjakarta : Diva Pres
Nadiyah DL, Kharisma Y, Yuniarti. (2016). Penentuan derajat toksisitas akut ekstrakair buah pepaya (carica papaya l.) mudapada mencit menggunakan purposednew recommended method. J JamuIndonesia. 2016;1(2):15-9
Syarief H, Damanik RM, Sinaga T,Doloksaribu TH. (2014).Pemanfaatan daunbangun-bangun dalam pengembanganproduk makanan tambahan fungsionaluntuk ibu menyusui. JIPI.2014;19(April):38-42
Muhartono, Graharti R, Gumandang H.P (2018). Pengaruh Pemberian Buah Pepaya (Carica Papaya L.) Terhadap Kelancaran Produksi Air Susu Ibu (ASI) pada Ibu Menyusui. Medula, vol.8, no.1 (April) 39-43
Murtiana, T.,(2011). Buah Pepaya. Pustaka Cipta. Jakarta
Notoatmodjo, S. (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan. Jakarta : Rineka Cipta
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v15i2.2599
Article Metrics
Sari view : 1117 timesPDF - 599 times PDF - 281 times Tidak berjudul - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.















