FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPUTUSAN PENGGUNA BSI MOBILE

Melinda Anggias Putri, Mufti Arief Arfiansyah

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang memengaruhi keputusan penggunaan BSI Mobile di kalangan mahasiswa penerima KIP Kuliah di UIN Raden Mas Said Surakarta. Mobile banking menjadi salah satu inovasi penting dalam layanan perbankan digital, namun adopsinya di kalangan mahasiswa masih tergolong rendah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei melalui kuesioner kepada 67 responden yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear berganda dengan bantuan SPSS 25. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur transaksi dan kebijakan privasi berpengaruh signifikan terhadap keputusan penggunaan BSI Mobile, sedangkan kualitas layanan, kemudahan akses, dan literasi keuangan tidak memiliki pengaruh yang signifikan. Dengan demikian, meskipun mobile banking menawarkan berbagai kemudahan, faktor utama yang mendorong penggunaannya adalah fitur transaksi yang lengkap serta kebijakan privasi yang baik. Temuan ini mengindikasikan bahwa BSI perlu meningkatkan layanan dan fitur BSI Mobile agar lebih menarik dan dapat memenuhi kebutuhan mahasiswa. Selain itu, edukasi literasi keuangan juga perlu ditingkatkan guna meningkatkan pemanfaatan layanan perbankan digital.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Amanda, N., & Hidayat, H. (2023). Pengaruh Faktor Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Generasi Millenial Menggunakan Mobile Banking. Jurnal Alfatih Global Mulia, 5(1), 31–44. https://doi.org/10.59729/alfatih.v5i1.59

Batubara, M., Jannah, N., & Ritonga, A. L. (2023). The Effect of Perceived Usefulness, Ease of Use and Security on Interest of Using BSI Mobile Services With Trust as Intervening Variable (Case Study on UINSU Medan Students). International Journal of Economics, Bussiness and Accounting Research, 2023(1), 1–9.

Handinisari, H., Muhlisin, S., & Yono, Y. (2022). Pengaruh Keamanan, Kemudahan dan Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia Terhadap Minat Bertransaksi Menggunakan Layanan Mobile Banking. In El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam (Vol. 4, Nomor 3, hal. 818–828). https://doi.org/10.47467/elmal.v4i3.2076

Junaedi, E., & Neneng, N. (2023). Pengaruh Persepsi Manfaat, Keamanan Dan Kemudahan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Layanan Mobile Banking Pada Pt. Bank Syariah Indonesia Di Tangerang. I-BEST: Islamic Banking & Economic Law Studies, 2(1), 13–32. https://doi.org/10.36769/ibest.v2i1.338

Mallapiseng, A.F.,&Arfiansyah, M. A. (2023). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah. Jurnal Akuntansi, Manajemen, Bisnis dan Teknologi (AMBITEK), 3(1), 53–62. https://doi.org/10.56870/ambitek.v3i1.65

Naeem, M., Ozuem, W., & Ward, P. (2022). Understanding the accessibility of retail mobile banking during the COVID-19 pandemic. In International Journal of Retail and Distribution Management (Vol. 50, Nomor 7). https://doi.org/10.1108/IJRDM-02-2021-0064

Nazirah, U., Fathony, F., Ashal, & Riza, A. (2022). Pengaruh Ketersediaan Fitur Dan Persepsi Risiko Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking Pada Bank Syariah Indonesia Kantor Cabang Pembantu Ulee Kareng. Journal of Sharia Economics, 3(2), 215–233. https://doi.org/http://doi.org/10.22373/jose.v3i2.2105

Nugroho, I. Y., & M. Pudjihardjo. (2022). Pengaruh Persepsi Kemudahan, Persepsi Kegunaan, Ketersediaan Fitur Dan Literasi Keuangan Terhadap Preferensi Konsumen Menggunakan Bsi Mobile. Islamic Economics and finance in Focus, 1(2), 135–147. https://doi.org/10.21776/ieff.2022.01.2.05

Pramudani MFithria. (2021). Pengaruh Kualitas Produk, Religiusitas, Kualitas Pelayanan, dan Promosi Terhadap Keputusan Mahasiswa Menabung di Bank Syariah. 5(2), 207–229. https://doi.org/DOI: http://dx.doi.org/10.35448/jiec.v5i2.11614

Pranoto, M. O., & Setianegara, R. G. (2020). Analisis Pengaruh Persepsi Manfaat,Persepsi Kemudahan ,dan Keamanan Terhadap Minat Nasabah Menggunakan Mobile Banking (Studi Kasus pada PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Kantor Cabang Semarang Pandanaran). Keunis Majalah Ilmiah, 8(1), 1–9. https://doi.org/10.32497/keunis.v8i1.2117

Putri, A. (2022). Pengaruh Kemanfaatan, Kemudahan Keamanan, dan Fitur M-Banking Terhadap Kepuasan Nasabah dalam Bertransaksi Pada Bank Syariah Indonesia (Studi Kasus BSI KCP Sumenep). Islamic Sciences, Sumenep, 1(1), 70–89.

Setiawan Agus dkk. (2020). Pengaruh TAM Terhadap Keputusan Mahasiswa Universitas Raden Mas Said Surakarta Dalam Sistem Pembayaran Gopay Pada Layanan Gojek. Administrative Law Journal, 60, 53–77. https://doi.org/10.35979/alj.2020.02.60.53

Soleha, E., Keuangan, M., Bangsa, U. P., & Barat, J. (2023). Analisis Pengaruh Literasi Keuangan, Kemudahan Penggunaan dan Gaya Hidup terhadap Minat Generasi Z dalam Menggunakan Dompet Digital (Go-Pay). JPEK (Jurnal Pendidikan Ekonomi dan Kewirausahaan), 7(1), 36–48. https://doi.org/10.29408/jpek.v7i1.12295

Sulkarnain, R., Dirwan, D., & Asbara, N. W. (2022). Pengaruh Kemudahan,Manfaat Dan Resiko Terhadap Keputrusan Nasabah Menggunakan Mobile Banking Pada PT.Bank Mandiri(Persero) Tbk Cabang Sam Ratulangi. Nobel Management Review, 3(4), 608–621. https://doi.org/10.37476/nmar.v3i4.3452

Widyaningsih, M. (2022). Pengaruh Persepsi Kegunaan, Kemudahan dan Pengetahuan Informasi Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi BSI Mobile (Studi Kasus Nasabah BSI Kabupaten Sukoharjo). Rizquna : Jurnal Hukum dan Ekonomi Syariah, 1(2), 1–24. https://doi.org/DOI: https://doi.org/10.56480/rizquna Pengaruh




DOI: https://doi.org/10.31869/me.v11i1.6539

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##


Supported by Association 

    

Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : fekonumsb@gmail.com

 Web
Analytics Made Easy - StatCounter 

 This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.