Kajian Pustaka : Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar pada Matapelajaran IPA

Dilla Ismania, Cici Nurcahaya Pohan, Adrias Adrias, Fadila Suciana

Sari


Peneliti bertujuan untuk mengkaji “Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share (TPS) terhadap motivasi belajar siswa Sekolah Dasar dalam mata pelajaran IPA.”.  Menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan kajian literatur. Menganalisis 15 artikel jurnal nasional, menemukan 3 artikel yang relevan. Tahapan penelitian meliputi pengumpulan, reduksi, penyajian data, pembahasan, dan kesimpulan. Hasilnya menunjukkan dampak positif TPS terhadap motivasi belajar siswa dalam IPA.

Kata Kunci : Kajian Literatur, Think Phair share, Motivasi belajar, Pembelajaran IPA.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Citra Wibawa,I.M., (2018). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Power Point Terhadap Hasil Belajar IPA. Jurnal Imiah Pendidikan Dan Pembelajaran., 2(1), 38–46. https://doi.org/10.23887/jipp.v2i1.13975.

Desstya, A., Novitasari,I.I., Razak,A.F.,& Sudrajat,K.S.(2018). Model Pendidikan Paulo Freire, Refleksi Pendidikan IPA SD di Indonesia (Relevansi Model Pendidikan Paulo Freire dengan Pendidikan IPA di Sekolah Dasar). Profesi Pendidikan Dasar, 1(1), 1. https://doi.org/10.23917/ppd.v1i1.2745.

Febriani,C.(2017).Pengaruh Media Video terhadap Motivasi Belajar dan Hasil Belajar Kognitif Pembelajaran IPA Kelas V Sekolah Dasar The Effect of Video Media on Learning Motivation and Cognitif Learning Outcomes in Natural Science Subject of the Fifth Grade Students of Elem. Jurnal Prima Edukasia, 5(1), 11–21. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1744.

Kadek Toni, Nyoman, Ayu , (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Think Pair Share Berbantuan Media Teka-Teki Silang terhadap Kompetensi Pengetahuan IPA, Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar Volume 3, Number 4 Tahun 2019, pp. 462-470. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JISD/index

Kamil,V.R.,Arief,D.,Miaz, Y., & Rifma, R.,(2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Belajar Siswa Kelas VI. Jurnal Basicedu, 5(6), 6025–6033.

Ketut, suma, widiana (2023). Model Pembelajaran Think Pair Share Difasilitasi Peta Konsep Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis IPA Ditinjau dari Motivasi Belajar Siswa, Jurnal Imiah Pendidikan dan Pembelajaran Volume 7, Issue 2, 2023, pp. 183-197. https://doi.org/10.23887/jipp.v7i2.61028

Lusidawaty,V., Fitria,Y., Miaz,Y., & Zikri,A.(2020). Pembelajaran Ipa Dengan Strategi Pembelajaran Inkuiri Untuk Meningkatkan Keterampilan Proses Sains Dan Motivasi Belajar Siswa Di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu., 4(1), 168–174. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i1.333.

Ponidi, Dewi, N. A. K., Trisnawati, Puspita, D., Nagara, E. S., Kristin, M., Puastuti, D., Andewi, W., Anggraeni, L., & Utami, B. H. S., (2021). Model Pembelajaran Inovatif dan Efektif. CV Adanu Abimata. https://doi.org/10.56480/jln.v5i1.1325

Shelvia, Syahira, Adrias, & Nur Azmi, (2024). Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Berbasis Wordwall untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra dan Budaya. Vol. 2 No. 4, Hal 304-313. https://doi.org/10.61132/morfologi.v2i3.842

Sujana, I. W. C. (2019). Fungsi Dan Tujuan Pendidikan Indonesia. Adi Widya: Jurnal Pendidikan Dasar, 4(1),29. https://doi.org/10.25078/aw.v4i1.927.

Tias, I. W. U., (2017). Penerapan Model Penemuan Terbimbing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Sekolah Dasar., DWIJA CENDEKIA: Jurnal Riset Pedagogik, 1(1), 50–60. https://doi.org/10.20961/jdc.v1i1.13060.

Veni, Darnies, Yalvema, & Rifma (2021). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Siswa Kelas VI, JURNAL BASICEDU. Volume 5 Nomor 6 Tahun 2021 Halaman 6025 – 6033. https://jbasic.org/index.php/basicedu

Vinorita, D., & Muhsin. (2018). Pengaruh Perhatian Orang Tua, Komunikasi Guru, Pemberian Reward, Dan Fasilitas Belajar Terhadap Motivasi Belajar. Economic Education Analysis Journal, 7(2), 553–567. https://journal.unnes.ac.id/sju/eeaj/article/view/28258/12368.

Zainal, A., (2017). Penerapan Metode Pembelajaran Think Pair Share untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa Kelas VI SD Negeri 001 Binamang Zainal Abidin Pendahuluan Pendidikan dan pengajaran adalah salah satu usaha yang bersifat sadar tujuan yang dengan sistematis terarah. Jurnal PAJAR ( Pendidikan Dan Pengajaran), 1(November), 256–263. http://dx.doi.org/10.33578/pjr.v1i2.4596




DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v4i1.6569

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0