Hubungan Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Remaja

Fidri Fidri

Sari


Motivasi belajar merupakan suatu dorongan internal ataupun ekstenal dalam diri individu yang sedang belajar yang mengadakan suatu perubahan tingkah laku, yang pada umumnya dengan didukung oleh beberapa indikator. Untuk mencapai keberhasilan dan kesuksesan tidak hanya dibutuhkan motivasi belajar melainkan juga efikasi diri/ kepercayaan untuk menyelesaikan tugas. Tujuan dari jurnal ini adalah untuk sebagai berikut 1) untuk mengetahui hubungan efikasi diri dengan motivasi belajar pada remaja 2) untuk mengetahui peran efikasi diri dengan motivasi belajar pada remaja 3) untuk mengetahui tingkat efikasi diri dengan motivasi belajar pada remaja. Hipotesis yang diajukan adalah adanya hubungan positif yang signifikan antara efikasi diri dengan motivasi belajar pada remaja. Pengambilan sampel diambil secara Dalam pengambilan sampel penelitian ini menggunakan teknik proportionate stratified random sampling.

Kata Kunci : Efikasi Diri dan Motivasi Belajar



Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Alwisol. (2014). Psikologi Kepribadian.Malang: UMM press.

Bandura, A. (1997). Self Efficacy Toward A Unfying Theory Of Behafioral Psychology.

Hadi, S. 2000. Statistik 3. Yogyakarta: Andi Offset. 2004. Metode Research.

Hastory, Y. (2012). Hubungan Antara Komunikasi Interpersonal Kelompok Belajar Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa Siswi SMP Al-Muayyad Surakarta. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Kurniawati, Rita. (2012). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Siswa. Fakultas Psikologi. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Letstyanto, Trijoko. (2013). Hubungan Antara Efikasi Diri Dengan Motivasi Belajar Pada Siswa RSBI Kelas VII SMP Negeri 3 Pati. Jurnal Psikologi.

Ramadhan, Muhammad Fakhri , Siroj,Rusydi A. , Afgani, Muhammad Win. (2024). Validitas and Reliabilitas. Journal on Education Volume 06, No. 02.

Safitri, Ratna Dewi. (2023). Menggali Akar Penyebab Masalah Motivasi Belajar Siswa Rendah. Menggali Akar Penyebab Masalah Motivasi Belajar Siswa Rendah - Quena

Siregar, E. (2014). Teori Belajar dan Pembelajara. Bogor: Ghalia Indonesia.

Suryabrata. (2000). Pengembangan Alat Ukur Psikologis. Yogyakarta: Andi Offset Press. 2004. Psikologi Pendidikan.

Uno, H. B. (2016). Teori Motivasi & Pengukurannya. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Yufita., & Budiarto. 2006. Motivasi Kerja Guru Ditinjau Dari Sefl-Efficacy Dan Iklim Sekolah ( Studi Pada Guru-Guru Yayasan”X”). Jurnal Ilmiah Psikologi Industri Dan Organisasi, Vol. 8.2,181-195.

Yusuf, Muri. (2014). Metode Penelitian. PT : Fajar Interpratama Mandiri. Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v4i1.6264

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0