ANALISIS SOSIAL MEDIA DALAM PARTISIPASI PEMILIHAN PRESIDEN
Abstract
Pada zaman sekarang di mana teknologi sedang sangat maju, hadirnya media sosial menjadi wadah baru untuk para aktor politik baik calon kandidat maupun partai dalam berkampanye, disamping banyaknya manfaat dari sosial media, hal ini juga memberikan dampak negatif, di antaranya hoax, perselisihan di sosial media, dan ajakan untuk tidak memberikan suara (GOLPUT). Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat dan mengetahui apakah sosial media mempunyai peranan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pemilihan presiden. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dan menggunakan teknik observasi dan wawancara, serta menggunakan teknik analisis tematik. Sosial media ternyata mempunyai peranan terhadap partisipasi masyarakat dalam pemilihan presiden periode ini, hal tersebut dapat dilihat dari postingan terkait pemilihan presiden yang direspon baik oleh masyarakat. Penelitian ini diharapkan bisa memberikan kontribusi untuk menambah pengetahuan masyarakat terkait peran sosial media terhadap partisipasi politik terutama dalam pemilihan presiden.
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)DOI: https://doi.org/10.31869/jsp.v4i1.5609
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
INDEXED BY :
Faculty of Social and Political Sciences, Muhammadiyah University of West Sumatra
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









