DEVELOPING ENGLISH INSTRUCTIONAL MATERIALS BASED ON LOCAL WISDOM MATERIALS FOR GRADE SEVEN AT SMP N 3 PADANG PANJANG

Beniario Rini Hendrita, Megasari Martin Wulan Fatjriani

Sari


Pengintegrasian nilai-nilai kearifan lokal dalam bahan ajar merupakan cara yang strategis untuk memperkenalkan nilai-nilai moral kepada peserta didik, melalui pengembangan bahan ajar peserta didik dapat berinteraksi dengan masyarakat lain. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan Bahan Ajar Bahasa Inggris Berbasis Kearifan Lokal yang valid kepada siswa kelas tujuh SMPN 3 Padang Panjang. Jenis penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan model ADDIE yang meliputi tahapan analisis, desain, pengembangan, implementasi dan evaluasi, sedangkan dalam hal ini peneliti hanya fokus pada tiga tahap yaitu: Analisis, Desain dan Pengembangan. Hasil penelitian dan pengembangan bahan ajar diketahui hasil validasi dengan kriteria 3 ≤ V ≤ 4,5 ditinjau dari aspek penyampaian materi, aspek isi dan materi, aspek tata bahasa dan keterbacaan serta aspek kegrafikan dengan skor validasi akhir. sebesar 4,3 yang memenuhi kriteria valid. Dapat disimpulkan bahwa bahan ajar berbasis kearifan lokal layak digunakan sebagai bahan ajar. Peneliti merekomendasikan para guru untuk menggunakan bahan ajar yang terintegrasi dengan kearifan lokal dalam proses pembelajaran bahasa Inggris.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Abidin, Yunus. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.

Akhadiah. (1998). Pembinaan Kemampuan Menulis Bahasa Indonesia. Jakarta:Erlangga

Anik, Ghufron. (2007). Panduan Penelitian Dan Pengembangan Bidang Pendidikan dan Pembelajaran. Yogyakarta: Lembaga Penelitian UNY.

Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta:

Rineka Cipta.

Beniario and Sari, Iatiqa. (2017). The Development of Students" Worksheet Integrated Into Muhammadiyah Values At Grade XI Students of MA. KM Padang Panjang through Scientific Approach. Batusangkar. IAIN Batusangkar.

Beniario and Noviliza, Anesia. (2022). Pengembangan Bahan Ajar Listening Berbasis Kearifan Lokal Bagi Mahasiswa Pendidikan Bahasa Inggris Fkip Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat. Padang. Universitas Muhammadiyah.

Budiman, Indra Adi. (2016). Development Model of Volleyball Spike Training. International journal of pshycal education, Sport and Health. Volume. 3 (3).

Dike. (1989). Strategies for producing instructional materials, 1st edition, 198

Hayati, Mardia. (2014). Desain Pembelajaran Berbasis Karakter (Panduan Praktis

Bagi Guru dan Calon Guru). Pekanbaru: Erlangga

Kemendikbud. (2023). Beranda Kurikulum Merdeka. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/kurikulum-merdeka/. Diakses pada 10 Mei 2023.

Mulyatiningsih, Endang. (2012) Metodologi Penelitian Terapan. Yogyakarta: Alfabeta

Nadlir. (2014). Urgensi pembelajaran berbasis kearifan lokal. Jurnal Pendidikan

Agama Islam, 2 (2), 300 – 330.

Noviarni. (2014). Perencanaan Pembelajaran Matematika. Pekanbaru: Benteng

Puslitjaknov-Balitbang Depdiknas, (2008). Metode Penelitian Pengembangan. Pusat PenelitianKebijakan dan Inovasi Pendidikan. Badan Penelitian dan Pengembangan Departemen Pendidikan Nasional.

Ramadhani, Zakia. (2020. The Development of English Instructional Materials Based on Multicultural Approach At SMP/MTs Padangpanjang.Skripsi. FKIP Um-Sumbar.

Setyosari, Punaji. (2012). Metode Penelitian Pendidikan dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan, Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta

Sutama.(2016).Metode Penelitian Pendidikan:Kuantitatif, Kualitatif, PTK, R & D. Surakarta: Fairuz Media.

Sutarti, Tatik dan Irawan, Edi. (2017). Kiat Sukses Meraih Hibah Penelitian. Media Pengembangan. Yogyakarta: Deepublish

Syandri, Gusmaizal. (2019). The Development of English Reading Materials Integrating Character Values on Scientific v Approach. Disertasi; UNP Padang.

Tomlison, Brion. (1998). Materials Development in language Teaching. Chambrige University Press; U.K.

Tomlinson, Brion. (2011). Materials Development in Language Teaching Second Edition. Kingdom University Press: UK.

Tyler, Ralph W. (1987). Basic principles of curriculum and instruction. 7th edition.

White, Fred D. (1986). The Writer’s Art: A Practical Rhetoric and Handbook.New

York: Wadsworth Publishing Company




DOI: https://doi.org/10.31869/ip.v11i2.6319

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


  Indexed by:

               

 

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat

Aur kuning, Jl. By Pass, Tarok Dipo, Kec. Guguk Panjang, Kota Bukittinggi, Sumatera Barat 26181


Anda Pengunjung Ke-Flag Counter

 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.