PEMBINAAN ILMU TAJWID DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QURAN DI MDA AL-HUDA
Abstract
Full Text:
PDFReferences
Abidin, J., Nuryana, O., Wahyuni, S., Sulistia, D. S., Rohmah, N. L., & Riswanto, F. (2024). Pendampingan Peningkatan Keterampilan Membaca Al-Quran bagi Ibu-Ibu Majlis Taklim Al-Ikhlas di Desa Parakanmanggu Parigi Pangandaran. Society: Community Engagement and Sustainable Development, 1(2), 280–294. https://doi.org/10.62515/society.v1i2.670
Amdini, M. N., & Dr. Mutohharun Jinan, M. A. (2021). Peran Taman Pendidikan Al-Qur’an Sebagai Lembaga Pendidikan Islam Nonformal Dalam Meningkatkan Kualitas Kemampuan Baca Al Qur’an Pada Pra Remaja (Studi Kasus Di TPQ Al Huda Ngekel, Tlogorandu, Juwiring, Klaten) [S1, Universitas Muhammadiyah Surakarta]. https://doi.org/10/HALAMAN%252520DEPAN.pdf
Anandita, S. R., Hayati, I. N., Wafa, M. A., Waqfin, M. S. I., Hilmi, S., Ghoffar, A., Zahroh, A., Izzatilla, I., Muniroh, I., & Aziz, M. T. (2024). Optimalisasi Pembelajaran Tajwid di TPQ Desa Ngusikan Jombang: Pendampingan Keagamaan dan Tantangan Pendidikan di Era Digital. Jumat Keagamaan: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 5(3), 140–146. https://doi.org/10.32764/abdimasagama.v5i3.5313
El-Yunusi, M. Y. M., & Ningsih, R. Y. (2025). Pembinaan Dalam Meningkatkan Pengetahuan Dan Pemahaman Ilmu Tajwid Bagi Santri Di TPQ Musholla Hikmah Batam. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(2), 87–99. https://doi.org/10.71305/jpkm.v1i2.201
Habibullah, M. R., & Nihayah, H. (2023). Pengembangan Bahan Ajar Tajwid Digital berbasis Audio, Visual, dan Website di Madrasah Diniyah. Jurnal Pendidikan Dasar Flobamorata, 4(2), 611–618. https://doi.org/10.51494/jpdf.v4i2.971
Hambali, H., Rozi, F., & Farida, N. (2021). Pengelolaan Pembelajaran Ilmu Tajwid Melalui Media Audio Visual. NATURALISTIC : Jurnal Kajian Penelitian Pendidikan dan Pembelajaran, 5(2), 872–881. https://doi.org/10.35568/naturalistic.v5i2.1180
Harahap, A. I. Y., Juliani, Windiani, A., Wijaya, A. R. S., & Azriya, Z. (2024). Peran Pendidikan Al-Qur’an dalam Kurikulum PAI untuk Membentuk Generasi Qur’ani. Mesada: Journal of Innovative Research, 1(2), 180–192. https://doi.org/10.61253/c43dch55
Khilmiyah, A., & Nurwanto, N. (2022). Peningkatan Kompetensi Guru TPA LANSIA melalui Metode UMMI dan Metode 10 Jam Belajar Membaca Al-Quran. Jurnal Surya Masyarakat, 5(1), 106–114. https://doi.org/10.26714/jsm.5.1.2022.106-114
M.Ag, D. M., & M.S.I, S. C. U., S. Ag. (2021). Dasar-dasar Ilmu Tajwid. DIVA PRESS.
marwah, & Iswandi, K. (2025). Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android dan Penerapannya Pada Materi Ilmu Tajwid. IQRO: Journal of Islamic Education, 8(2), 700–712. https://doi.org/10.24256/iqro.v8i2.7252
Maulana, M. R., & Nasir, M. (2022). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Aplikasi Android pada Pembelajaran Ilmu Tahsin dan Tajwid. Jurnal Basicedu, 6(2), 1756–1765. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2280
Mubarok, N. H., Suarna, N., & Dikananda, A. R. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Tajwid Berbasis Aplikasi Android Untuk Minat Belajar Membaca Al-Qur’an. Jurnal Informatika Dan Teknologi Informasi, 2(2), 220–227. https://doi.org/10.56854/jt.v2i2.196
Mukhlishin, M., Sahman, S., Supryadi, A., & Hamid, A. (2025). PROGRAM PEMBINAAN BERKELANJUTAN UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA QUR’AN DENGAN ILMU TAJWID DASAR DI MASYARAKAT DAN PIMPINAN CABANG MUHAMMADIYAH BATUYANG. JCES (Journal of Character Education Society), 8(1), 9–18. https://doi.org/10.31764/jces.v8i1.28351
Murthosia, D., Sari, L. F., & Haidar, M. (2025). Inovasi dalam Pengelolaan Mutu Pendidikan Agama Islam. PT Arr Rad Pratama.
Nazliah, U., Maizuddin, M., & Djuned, M. (2025). Lafadz Ḥāfiẓ Dalam Al-Qur’an. Fathir: Jurnal Studi Islam, 2(2), 143–166. https://doi.org/10.71153/fathir.v2i2.216
Purba, M. Y. (2024). Strategi dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Pada Siswa. Jurnal Kualitas Pendidikan, 2(1), 134–141.
PUTRI MAHARDIKA KUSTANTIA. (n.d.).
Reynaldi, R. A. R., Syamsuar, S., Hanif, H., Taran, J. P., Kasih, D., Mukhlizar, M., & Hasan, K. (2024). Penguatan Pemahaman Ilmu Tajwid: Upaya Meningkatkan Kualitas Membaca Al-Qur’an Santri Pondok Pesantren Ajmalul Huda Kampung Rimba Sawang. MEUSEURAYA - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 105–116. https://doi.org/10.47498/meuseuraya.v3i2.3672
Rohmah, S., Fernanda, A. E. P., & A.r, E. A. (2025a). Manajemen Diklat Metode Tilawah Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Al-Quran. An-Nashru: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 141–151.
Rohmah, S., Fernanda, A. E. P., & A.r, E. A. (2025b). Manajemen Diklat Metode Tilawah Dalam Upaya Meningkatkan Kualitas Guru Al-Quran. An-Nashru: Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pendidikan Islam, 3(1), 141–151.
Sa’diah, N. H., & Agustin, M. (2024). Strategi Pengembangan Program Tahfid Dalam Meningkatkan Minat Masyarakat di Madrasah Diniyah Miftahul Ulum. Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam Dan Pendidikan, 16(2), 298–308. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v16i2.3321
Zainiyah, I. (2024). Upaya guru dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an melalui metode qiroati di TPQ Ar Rahmah Bangil [Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim]. http://etheses.uin-malang.ac.id/70851/
Zunaidi, A. (n.d.). METODOLOGI PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT.
DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v5i2.7482
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By :









