Pengembangan Wisata Halal Berbasis Kearifan Lokal: Pemberdayaan Masyarakat Agam melalui UMKM Pariwisata
Abstract
Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini dilaksanakan bersama para pelaku UMKM di Lubuk Basung dengan tujuan meningkatkan kapasitas mereka dalam mengelola usaha pariwisata berbasis kearifan lokal. Bentuk kegiatan berupa pelatihan dan pendampingan yang difokuskan pada peningkatan pengetahuan serta keterampilan dalam manajemen usaha, strategi pemasaran, manajemen kualitas, dan pengelolaan keuangan. Materi disampaikan oleh narasumber yang kompeten dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Negeri Padang, didukung dengan diskusi interaktif yang memungkinkan peserta untuk berbagi pengalaman dan permasalahan yang dihadapi. Hasil kegiatan menunjukkan bahwa peserta sangat antusias dan mampu memahami materi dengan baik, sehingga diharapkan dapat mengimplementasikan pengetahuan tersebut dalam mengembangkan usaha masing-masing. Selain memberikan manfaat praktis, kegiatan ini juga membuka ruang kolaborasi antara perguruan tinggi dan masyarakat dalam memperkuat daya saing UMKM. Dampak jangka panjang yang diharapkan adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat dan penguatan ekonomi lokal berbasis pariwisata.
Full Text:
PDFReferences
Adamy, Z., Wiradharma, G., Prasetyo, M. A., & Evriza, E. (2023). Strategi pengembangan UMKM Danau Toba pasca pandemi Covid-19 sebagai destinasi pariwisata super prioritas. Jurnal Ilman: Jurnal Ilmu Manajemen, 11(3), 71–77.
Alma, B. (2018). Manajemen pemasaran dan pemasaran jasa. Bandung: Alfabeta.
Aribawa, D. (2016). Pengaruh literasi keuangan terhadap kinerja dan keberlangsungan UMKM di Jawa Tengah. Jurnal Siasat Bisnis, 20(1), 1–13. https://doi.org/10.20885/jsb.vol20.iss1.art1
Harahap, N. M. D., Nst, M. S. A., & Hasibuan, N. F. A. (2024). Analisis pengelolaan keuangan pada industri pariwisata di Sumatera Utara (Studi kasus: Wisata Alam Syaakirah The View & Resto Desa Aek Sabaon, Kec. Marancar, Kab. Tapanuli Selatan). MASMAN: Master of Management Journal, 2(4), 52–70.
Kotler, P., & Keller, K. L. (2016). Marketing management (15th ed.). Pearson Education Limited.
Kotler, P., Bowen, J. T., & Makens, J. C. (2017). Marketing for hospitality and tourism (7th ed.). Pearson.
Nurhidayat, W., Napu, D. M. N., Fakhrurrazi, A., Novriando, S., & Wigiaharty, A. R. (2023). Peran sumber daya manusia dalam meningkatkan usaha pariwisata di Kampung Buricak Burinong. Jurnal Manajemen, 13(2), 25–35.
Suarta, I. P., & Winowatan, W. J. (2024). Optimalisasi pendampingan masyarakat dalam pengelolaan produk makanan dan minuman di Desa Wisata Pa’ Tengko Kecamatan Mengkendek Kabupaten Tana Toraja. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(4), 14180–14185.
Tambunan, T. T. H. (2019). Usaha mikro kecil dan menengah di Indonesia: Isu-isu penting. LP3ES.
Tjiptono, F., & Diana, A. (2019). Total quality management (3rd ed.). Yogyakarta: Andi Offset.
Wibowo, A., & Rachmawati, L. (2020). Peran manajemen kualitas terhadap keunggulan bersaing UMKM. Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 22(2), 85–94. https://doi.org/10.9744/jmk.22.2.85-94
World Bank. (2020). Small and medium enterprises (SMEs) finance. Retrieved from https://www.worldbank.org/en/topic/smefinance
DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v5i2.7481
Article Metrics
Abstract view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Indexed By :









