Pembinaan Privat Baca dan Iqra’ oleh Mahasiswa PLP PGMI UMRI di SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru

Yulia Septi Wahyuni, Salman Salman, Sakban Sakban, Siti Luthfiyyah, Azizah Abi Jasmin, Nadia Sa'bani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pelaksanaan program Privat Baca dan Iqra', serta pengaruhnya terhadap peningkatan literasi dan kemampuan membaca Iqra' siswa yang dibimbing oleh mahasiswa UMRI di SD Muhammadiyah 1 Pekanbaru. Menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif, penelitian ini menemukan bahwa siswa yang mengikuti program secara disiplin dan konsisten cenderung mengalami peningkatan yang signifikan dalam kemampuan membaca dan mengaji. Namun, beberapa siswa masih menghadapi kendala meskipun telah mendapatkan pendampingan secara berulang. Secara keseluruhan, hasil program ini bervariasi, dipengaruhi oleh tingkat kelas dan daya tangkap masing-masing siswa. Walaupun terdapat berbagai tantangan dalam implementasinya, program ini memberikan manfaat yang cukup besar dalam meningkatkan keterampilan membaca, baik terhadap teks umum maupun Al-Qur'an. Dengan adanya dukungan yang berkelanjutan dari pihak sekolah, mahasiswa pendamping, dan orang tua, program ini berpotensi untuk terus berkembang serta berkontribusi dalam peningkatan kualitas literasi siswa. 


Full Text:

PDF

References


Ahmad Khotibul Umam, & Hafizha Aditya Putri. (2023). Bimbingan Mengaji, Menghafal Al-Qur’an Dan Melatih Kemampuan Bahasa Arab Melalui Les Untuk Anak-Anak Di Desa Bondan Kecamatan Sukagumiwang Kabupaten Indramayu. Journal Of Psychology, Counseling And Education, 1(1), 22–29. https://doi.org/10.58355/psy.v1i1.2

Aji, Wawan Kurniawan Purnomo Syabrina, M. (2024). UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA SISWA DENGAN MELAKUAN BIMBEL MEMBACA KELAS 1 DI MIS MIFTAHUL HUDA 2 KOTA PALANGKA RAYA. HAGA: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2), 173–180.

Apriadi, D., Nurul Hidayat, Nizhamuddin AB, Ahmatang, & Sudarto. (2022). Kuliah Kerja Nyata: Pengabdian Kepada Masyarakat Melalui Kegiatan Pendampingan Pendidikan. Jurnal Pengabdian Masyarakat Paguntaka, 1(1), 25–30. https://doi.org/10.61457/jumpa.v1i1.2

Avinda, P. A. (2022). UPAYA SEKOLAH DALAM PENERAPAN BEBAS BUTA BACA AL-QURAN BAGI SISWA DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA ISLAM AL-HADI SUKOHARJO TAHUN PELAJARAN 2021/2022. Sripsi Penerapan.

Deprizon, D. (2018). Penerapan Metode Reading Guide Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca. Jurnal Auladuna, III(13), 57–62.

Fitriani, I. A., Fithri, R., Sakban, Wismanto, Deprizon, & Salman. (2024). Penerapan Media Poster dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Karangan Deskripsi pada Pelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas V di SDIT Bunayya Pekanbaru regulasi dan undang-undang tentang Bahasa Nasional dan Bahasa Neg. AlFihris : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 225–232.

Fredirikus., T. (2022). Peningkatan Minat Baca Anak Melalui Program Reading Fun For Kids Increasing. Sejahtera: Jurnal Inspirasi Mengabdi Untuk Negeri, 1. https://doi.org/https://doi.org/10.58192/sejahtera.v3i3.2351

Ifrida, F., Huda, M., Prayitno, H. J., Purnomo, E., & Sujalwo, S. (2023). Pengembangan dan Peningkatan Program Kemampuan Literasi dan Numerasi Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmiah Kampus Mengajar, 3, 1–12. https://doi.org/10.56972/jikm.v3i1.94

Jasmine, D. F., Sunaengsih, C., & Syahid, A. A. (2024). Analisis Program Budaya Literasi Dalam Peningkatan Minat Baca Siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 13(1), hal. 80-89.

Julianto, A., & Anisa Fitriah. (2021). Evaluasi Program Ekstrakurikuler Baca Al-Qur’an Di SMP Negeri 03 Bengkulu Selatan. Jurnal Pendidikan Islam Al-Affan, 1(2), 175–184. https://doi.org/10.69775/jpia.v1i2.28

Kartika, E. (2022). Penanaman pendidikan karakter melalui program mengaji satu hari satu baris (sabar) kelas 5 di sdn 7 rejang lebong. SKRIPSI PENERAPAN.

Khairunnisya, K., Fithri, R., & Salman, S. (2024). Pengaruh Metode Pembelajaran Peer Teaching Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika di Kelas V SDN 167 Pekanbaru. 4.

Luthfiyyah, S., & Salman. (2024). Peran Pendidik dalam Menghubungkan Kecerdasan Emosional dan Kreativitas terhadap Kemandirian Belajar Anak. Progressive of Cognitive and Ability, 3(1), 23–33. https://doi.org/10.56855/jpr.v3i1.853

Nurfitriya, Purwanto, H., Suprapto, H., Ismail, N., & Andi Syafruddin, M. (2023). Evaluasi Program Pembelajaran Membaca Al-Qur’an Di Sekolah Dasar Muhammadiyah Kayen. Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, Vol. 9(No. 4,), hal. 1431.

Pratiwi, S. H., Kustati, M., Amalia, R., Fekrat, I., Septiana, V. W., & Wahyuni, Y. S. (2024). Pendampingan Pengenalan Huruf Hijaiyah Menggunakan Metode Intensif Partisipatif Untuk Siswa SD Muhammadiyah Surau Gadang Nanggalo. Jurnal Media Ilmu, 3(1), 33–45. https://jurnal.umsb.ac.id/index.php/mediailmu/article/view/5573

Putro, A. H., & Sa’diyah, H. (2022). Peningkatan Literasi Siswa Melalui Program Les Privat Calistung dan Pohon Literasi di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 22(2), 72–79. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v22i2.1396

Sufanti, M., Kurniawan, B., Muhaimini, M. S., & Cahyati, J. N. (2021). Pendampingan Peningkatan Kemampuan Membaca Al-Qur’an. Selaparang: Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 5(30), 615–623.

Suningsih, T., & Maryati, I. (2023). Analisis Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa Kelas VII Pada Materi Garis dan Sudut. Didactical Mathematics, 5(2), 422–431. https://doi.org/10.31949/dm.v5i2.6457

Wahyuni, Y. S., Ekawati, R., & Susanti, D. (2023). Pentingnya Peran Orang Tua Dan Guru Terhadap Kualitas Karakter Islami Anak. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Psikologi (JIPP), 1(3), 103–111. https://doi.org/10.61116/jipp.v1i3.142

Wismanto, Sakban, Tulfauziah, A., Afrila, V., Zulpa, S., Khairunnisa, M., & Sari, N. E. (2024). Peran Guru Dalam Mengatasi Kesulitan Belajar Siswa Di SDIT Alfityah Pekanbaru. 3.

Zulfa, Z., Salman, & Deprizon. (2024). Efektivitas Metode Iqra ’ dalam Mengatasi Buta Aksara Al - Qur ’ an pada Siswa Kelas III SD Muhammadiyah 1. 1(4), 23–31.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v5i1.6805

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :