Penerapan DAGUSIBU untuk Meningkatkan Kualitas Gizi dan Pencegahan Diare Bagi Siswa Sekolah Dasar melalui Dapur Sehat dan Budi Daya

Dini Susanti, Ridania Ekawati, Vini Wela Septiana, Sekar Harum Pratiwi, Jepri Naldi, Mia Dewindi Putri, Esti Wulandari

Abstract


Penerapan DAGUSIBU (Dapur Sehat dan Budi Daya) merupakan sebuah inisiatif untuk meningkatkan kualitas gizi dan pencegahan diare bagi siswa sekolah dasar. Program ini mengintegrasikan dua aspek penting, yaitu penyediaan makanan sehat melalui dapur sehat yang memprioritaskan bahan makanan bergizi dan pemanfaatan budi daya tanaman lokal yang dapat diolah menjadi sumber pangan bergizi. Dalam konteks pencegahan diare, DAGUSIBU bertujuan untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang pentingnya konsumsi makanan bergizi dan kebersihan makanan serta lingkungan. Melalui implementasi program ini, siswa tidak hanya diajarkan untuk memahami pola makan yang sehat, tetapi juga dilibatkan dalam kegiatan budi daya tanaman yang mendukung ketersediaan bahan makanan bergizi di sekolah. Evaluasi program menunjukkan adanya peningkatan pengetahuan siswa mengenai pentingnya gizi seimbang, pengurangan kejadian diare, dan peningkatan keterampilan siswa dalam mengelola konsumsi makanan sehat. Program DAGUSIBU berpotensi menjadi model dalam pengelolaan gizi dan pencegahan penyakit berbasis sekolah yang melibatkan partisipasi aktif siswa si Sekolah Dasar / Madrasah Ibtidaiyah.

 


References


Sukmawati, I., & Wulandari, T. (2020). Pemberdayaan Masyarakat Sekolah Melalui Program Dapur Sehat. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 8(1), 45-52.

Mulyani, S. (2019). Pendidikan Kesehatan di Sekolah Dasar: Pendekatan Kegiatan Budi Daya Tanaman untuk Gizi Sehat. Jurnal Pendidikan dan Kesehatan, 10(3), 78-85.

Rohmawati, D. (2021). Peran Sekolah dalam Pencegahan Diare melalui Pendidikan Gizi dan Kebersihan. Jurnal Kesehatan Anak, 14(2), 112-119.

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia. (2021). Pedoman Pencegahan dan Penanggulangan Diare pada Anak di Indonesia. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Depkes RI. (2020). Pedoman Gizi Seimbang untuk Masyarakat Indonesia. Jakarta: Departemen Kesehatan Republik Indonesia.

Suherman, A. (2019). Penerapan Program Gizi Seimbang di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kualitas Gizi Siswa. Jurnal Kesehatan Masyarakat, 15(3), 212-220.

Sari, S. W., & Hadi, S. (2022). Peran Sanitasi dan Kebersihan dalam Pencegahan Diare di Sekolah Dasar. Jurnal Ilmu Kesehatan, 8(1), 34-42.

Andriani, D., & Suryani, F. (2021). Kebijakan Sekolah Sehat: Mengurangi Stunting dan Meningkatkan Gizi Anak. Jurnal Pendidikan Kesehatan, 10(2), 98-104.

Sutrisno, A. (2020). Pentingnya Program Pendidikan Kesehatan untuk Meningkatkan Pola Makan Anak di Sekolah Dasar. Jurnal Pemberdayaan Masyarakat, 6(1), 67-75.

Hasanah, N. (2020). Pemanfaatan Budi Daya Tanaman Sayuran dalam Program Sekolah Sehat untuk Meningkatkan Gizi Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Gizi dan Pangan, 15(4), 45-53.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Panduan Pembangunan Sekolah Sehat di Indonesia. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Rahmawati, T., & Nuryanti, S. (2021). Edukasi Gizi dan Pencegahan Diare pada Anak di Sekolah Dasar melalui Program Dapur Sehat. Jurnal Kesehatan Anak, 5(1), 18-26.

Utami, W. D., & Lestari, S. (2022). Implementasi Program Dapur Sehat di Sekolah Dasar untuk Meningkatkan Kualitas Gizi dan Menurunkan Kasus Diare. Jurnal Pembangunan Kesehatan, 9(2), 101-110.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmp.v5i1.6525

Article Metrics

Abstract view : 0 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 0 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Indexed By :