HUBUNGAN BULLYING DENGAN BURNOUT AKADEMIK PADA MAHASISWA KEPERAWATAN DI PEKANBARU

Salda Safitri, Rina Herniyanti, Ifon Driposwana Putra, Eka Malfasari

Sari


Pendahuluan Bullying memiliki efek jangka panjang, seperti trauma, stress, kecemasan, dan kelelahan atau burnout, Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara bullying dengan burnout akademik mahasiswa keperawatan di pekanbaru, Metode penelitian: Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain korelasi dengan pendekatan "Cross Sectional" Pengambilan sampel menggunakan Metode stratified random sampling dengan jumlah responden 332 dari 4 Institusi Keperawatan Di Pekanbaru ( Institut Kesehatan Payung Negeri Pekanbaru, Universitas Hang Tuah Pekanbaru, Stikes Pekanbaru Medical center, Stikes Tengku Maharatu Pekanbaru, penelitian dimulai dari tanggal 28 November-14 Desember 2024. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Olweus Bully/Victim Questionnaire (OBVQ) dan Maslach Burnout Inventory- Student survey (MBI). Hasil Penelitian: menunjukkan bahwa mayoritas responden adalah perempuan (81,9%), dengan rentang usia antara 17 hingga 24 tahun dan rata-rata usia 19,49 tahun. mayoritas mahasiswa berada pada tingkat pertama pendidikan keperawatan (47,9%). Dari segi distribusi rerata, bullying memiliki nilai rata-rata 65,44, sementara burnout akademik memiliki nilai rata-rata 42,46. Menunjukan adanya hubungan positif yang sangat lemah antara bullying dan burnout akademik, dengan koefisien korelasi r = 0,187 (p< 0,001) pengaruhnya terhadap tingkat burnout akademik tidak terlalu besar. Rekomendasi: Peneliti selanjutnya bisa menggunakan metode pengumpulan data yang lebih bervariasi, seperti wawancara mendalam atau observasi langsung.


 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Adiyono, A., Adiyono, A., Irvan, I., & Rusanti, R. (2022). Peran Guru Dalam Mengatasi Perilaku Bullying. Al-Madrasah: Jurnal Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 6(3), 649. https://doi.org/10.35931/am.v6i3.1050

Akladiwa, Magribi, S., Jumaini, & Agrina. (2022). Gambaran Academic Burnout Pada Mahasiswa Keperawatan. JOM FKp, 9(2), 69–74.

Hamzah, Manafe, H. A., Kaluge, A. H., & Niha, S. S. (2023). Bentuk Dan Faktor Penyebab Bullying: Studi Mengatasi Bullying Di Madrasah Aliyah. Jurnal Ilmiah Pendidikan Citra Bakti, 10(3),481–491. https://doi.org/10.38048/jipcb.v10i3.1968

Hidayati, S. D., & History, A. (2023). Pengembangan Skala Bullying. Jurnal Psikohumanika, 15(2),111–127.

Ilmawan, A. I., & Santosa, H. (2022). Faktor penyebab burnout akademik pembelajaran daring dan luring. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan …, 2,1832.

Nurmaulia Khotmi, Muhammad Atha Iqbal, & Hartini Hartini. (2024). Sosialisasi Pencegahan Perundungan Di Lingkungan Sekolah SDN 1 Songak. FUNDAMENTUM: Jurnal Pengabdian Multidisiplin, 2(3), 15–21. https://doi.org/10.62383/fundamentum.v2i3.271

Olmos-Bravo, Z. M., Sánchez-Ortí, J. V., Grevet, E. H., & Balanzá-Martínez, V. (2024). Prevalence and associated factors of burnout among health sciences students in Spain – a systematic review. Trends in Psychiatry and Psychotherapy, June. https://doi.org/10.47626/2237-6089-2024-0805

Panggabean, H., Situmeang, D., Simangunsong,R.,Hukum,F.,Sisingamangaraja, U., & Tapanuli, X. (2022). Waspada Tindakan Bullying Dan Dampak Terhadap Dunia Pendidikan. Jpm-Unita - Jurnal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 9–16. http://jpm.usxiitapanuli.ac.id

Rahmaniyah, K. R., Suhadianto, S., & Pratikto,H. (2020). Perilaku Bullying Pada

Mahasiswa:Menelisik Pengaruh Harga Diri dan Konformitas. Sukma:Jurnal Penelitian Psikologi, 1(01), 1–9.

Sari, F. M., Hadiati, R. N., & Sihotang, W. P. (2023). Analisis korelasi pearson jumlah penduduk dengan jumlah kendaraan bermotor diprovinsi Jambi.Multi Proximity : Jurnal Statistika Universitas Jambi, 2(1), 39–44.

Supriyanto, A., Imtinan, S., Arikunto, S., & Hartini, S. (2022). Kondisi Burnout Akademik Pada Siswa Indonesia: Fisik, Mental, Dan Emosional. Advice: jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1), 32-38 https://journal.univetbantara.ac.id/index.php/advice/article/view/2367

Suha, Y., Nauli, F. A., & Karim, D. (2022). Gambaran Burnout Pada Mahasiswa Jurusan Keperawatan. Coping: Community of Publishing in Nursing, 10(3), 282.

Bagas Romadhoni, M., Junnatul Azzizah Heru, M., Rofiqi, A., Warquatul Hasanah, Z., & Anda Yani, V. (2023). Pengaruh perilaku bullying terhadap interaksi sosial pada remaja. Jurnal Keperawatan Profesional (JKP), 11(1), 3–21.

Usmadi, U. (2020). Pengujian Persyaratan Analisis (Uji Homogenitas Dan Uji Normalitas). Inovasi Pendidikan, 7(1),50–62. https://doi.org/10.31869/ip.v7i1.2281

Wang, X., & Cheng, Z. (2020). Cross-Sectional Studies: Strengths, Weaknesses,and Recommendations.Chest,158(1),S65S71.https://doi.org/10.1016/j.chest.2020.03.012

Widya Utami Lubis, S. F. Z. (2023). Pengaruh Bullying Verbal Terhadap Kepercayaan Diri Siswa Di SMP Negeri 1 Perbaungan Tahun Ajaran 2021/2022. ALACRITY: Journal of Education, 3(1), 69–78. https://doi.org/10.52121/alacrity.v3i1.113

Yulianti, Y., Pakpahan, I., Angraini, D., Ayunabilla, R., Aura Febia, A., & Iham Habibi, M. (2024). Dampak Bullying Terhadap Kesehatan Mental. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur: Berbeda, Bermakna, Mulia, 10(1), 153. https://doi.org/10.31602/jmbkan.v10i1.132




DOI: https://doi.org/10.31869/mm.v7i2.6430

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


 Kunjungan Saat ini

Kunjungan Dari Negara

 Flag Counter

 

 

Creative Commons License
Menara Medika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License.