Transformasi Mutu Pendidikan Di Indonesia: Kajian Historis Dan Implikasinya Terhadap Sistem Pendidikan Kontemporer
Sari
Artikel ini bertujuan untuk mengkaji transformasi mutu pendidikan di Indonesia melalui pendekatan historis, khususnya pada masa Orde Lama, Orde Baru, dan Reformasi terhadap sistem pendidikan kontemporer. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan menggunakan metode studi kepustakaan. Transformasi mutu pendidikan di Indonesia menunjukkan perkembangan yang signifikan. Pada era Orde Lama, mutu pendidikan terbatas pada penguatan nasionalisme, sedangkan pada era Orde Baru, pendidikan diarahkan untuk mendukung pembangunan ekonomi dan karakter bangsa. Di era Reformasi, dengan adanya desentralisasi dan globalisasi, pendidikan fokus pada peningkatan kualitas sumber daya manusia melalui kurikulum yang lebih fleksibel dan adaptif terhadap perubahan zaman. Transformasi mutu pendidikan membawa implikasi terhadap sistem pendidikan kontemporer di indonesia meliputi perubahan paradigma pembelajaran, desentralisasi dan otonomi pendidikan, penekanan pada standar nasional pendidikan, integrasi teknologi dalam pendidikan. Namun, upaya pemerintah untuk meningkatkan mutu pendidikan masih dihadapkan pada beberapa tantangan seperti kesiapan tenaga pendidik yang belum merata, peningkatan kompetensi guru, serta sarana dan prasarana yang belum memadai. Oleh karena itu, penting untuk mendorong kolaborasi antara pemerintah dan masyarakat dalam menciptakan sistem pendidikan yang lebih inklusif dan berkualitas.
Kata Kunci: Mutu Pendidikan, Sejarah Kurikulum Indonesia, Sistem Pendidikan Kontemporer
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Aini, A. Q., Khoirunisa, & Wiyah, A. (2024). SISTEM KURIKULUM YANG DITERAPKAN MASA REFORMASI. Cendikia: Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 2(8), 62–66.
Ainia, D. K. (2020). Merdeka Belajar dalam Pandangan Ki Hadjar Dewantara dan Relevansinya bagi Pengembangan Pendidikan Karakter. Jurnal Filsafat Indonesia, 3(3), 95–101.
Aisyah, J., & Laili, M. I. (2018). KURIKULUM CBSA dan KURIKULUM 1994/KBI. INTAJUNA: Jurnal Hasil Penelitian Studi Kepustakaan, Penilaian, Penerapan Teori Dan Kajian Analisis Di Bidang Pendidikan Bahasa Arab, 1(2), 41–47.
Alhamuddin. (2014). Sejarah Kurikulum di Indonesia (Studi Analisis Kebijakan Pengembangan Kurikulum). Jurnal Nur El-Islam, 1(2), 48–58.
Alhamuddin. (2019). Politik Kebijakan Pengembangan Kurikulum di Indonesia Sejak Zaman Kemerdekaan Hingga Reformasi (1947-2013). Jakarta: PRENADAMEDIA GROUP.
Anas, M. H., Bakti, S., Nasril, Y., & Adawiyah, R. (2025). Analisis Perkembangan Kurikulum Pendidikan Nasional di Indonesia dari Kurikulum 1947 hingga Kurikulum Merdeka: Studi Literatur. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 14(1), 1259–1272.
Azhar. (2020). Perkembangan Kurikulum Di Indonesia Dari Klasik Ke Modern. FITRAH: International Islamic Education Journal, 2(2).
Dendodi, Nurdiana, Astuti, Y. D., Aunurrahman, & Warneri. (2024). Dampak dan tantangan terhadap Transformasi kurikulum di Satuan Pendidikan. Journal of Education Research, 5(2), 1071–1080. https://doi.org/10.37985/jer.v5i2.960
Depdiknas. (2018). Pola Pembinaan Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan SMA. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.
Febriyenti, D., Putri, N., Asmendri, & Sari, M. (2023). PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA DALAM PERSPEKTIF SEJARAH. Al-Idaroh: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan Islam, 7(September).
Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian Kepustakaan (Library Research). Depok: PT Raja Grafindo Persada.
Herman, Panji, A. L., & Mahmud, M. E. (2023). Kebijakan Perubahan Kurikulum Di Indonesia. An-Nadzir : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 1(02), 92–104. https://doi.org/10.55799/annadzir.v1i02.255
Imron, M. (2018). Pengembangan Kurikulum 1994. NTAJUNA: Jurnal Hasil PenelitianStudi Kepustakaan, Penilaian, Penerapan Teori Dan Kajian Analisis Di BidangPendidikan Bahasa Arab, 2(1), 2013–2015.
Insani, F. D. (2019). SEJARAH PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA SEJAK AWAL KEMERDEKAAN HINGGA SAAT INI. As-Salam: Jurnal Studi Hukum Islam & Pendidikan, 8(1), 43–64. https://doi.org/10.51226/assalam.v8i1.132
Kusmawati, H., Nurona, A. L., Maulana, I., Khasanah, R., & Dewi, R. A. (2023). Perkembangan Pendidikan Indonesia setelah Tahun 1965 sampai Runtuhnya Orde Baru. Ulul Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 2(9).
Mawati, A. T., Hanafiah, & Arifudin, O. (2023). Dampak Pergantian Kurikulum Pendidikan Terhadap Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Primary Edu (JPE), 1(3), 190–203. https://doi.org/10.61116/jkip.v1i3.172
NASIR, M., & MUHAMMAD. (2024). ANALISIS PERKEMBANGAN KURIKULUM DI INDONESIA: MASA LALU, KINI, DAN MASA DEPAN. LEARNING : Jurnal Inovasi Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(2), 228–236.
Nasukah, B., & Winarti, E. (2021). Teori Transformasi dan Implikasinya pada Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Southeast Asian Journal of Islamic Education Management, 2(2), 177–190. https://doi.org/10.21154/sajiem.v2i2.43
Nurholis, D., Khodijah, N., & Suryana, E. (2022). Analisis kebijakan kurikulum 2013. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 9(1), 98–114.
Raharjo. (2020). Analisis Perkembangan Kurikulum PPKn: Dari Rentjana Pelajaran 1947 Sampai Dengan Merdeka Belajar 2020. PKn Progresif: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Kewarganegaraan, 15(1).
Ramadhan, F. S., Anggoro, N. R. C., Pramono, M. S., & Indradaffa, G. A. (2024). Sejarah Pendidikan Indonesia Masa Orde Baru: Menguak Keberhasilan dan Kegagalan Kebijakan Pemerintah Orde Baru dalam Bidang Pendidikan. Chronologia: Journal Of History Education, 6(1).
Rozak, A. (2021). KEBIJAKAN PENDIDIKAN DI INDONESIA. Journal of Islamic Educatioan, 3(2), 1–19.
Safei, & Hudaidah. (2020). Sistem Pendidikan Umum Pada Masa Orde Baru (1968-1998). Jurnal Humanitas: Katalisator Perubahan Dan Inovator Pendidikan, 7(1), 1–13. https://doi.org/10.29408/jhm.v7i1.3253
Saffina, A. D., Muzaki, F. F., & Simatupang, M. Z. (2020). PERUBAHAN KURIKULUM DI AWAL ERA REFORMASI (2004-2006) DAN DAMPAKNYA TERHADAP PENDIDIKAN NASIONAL. Sindang: Jurnal Pendidikan Sejarah Dan Kajian Sejarah, 2(1).
Salim, A. (2007). Indonesia Belajarlah! Membangun Pendidikan Indonesia. Yogyakarta: Tiara Wacana.
Setiawati, F. (2022). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum terhadap Pembelajaran di Sekolah. Nizamul ’Ilmi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam (JMPI), 07(1).
Setiyorini, S. R., & Setiawan, D. (2023). Perkembangan Kurikulum Terhadap Kualitas Pendidikan di Indonesia. JTP: Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 1–12.
Supriani, Y., Tanjung, R., Mayasari, A., & Arifudin, O. (2024). Peran Manajemen Kepemimpinan dalam Pengelolaan Lembaga Pendidikan Islam. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(1), 6 April.
Thana, P. M., & Hanipah, S. (2023). Kurikulum Merdeka: Transformasi Pendidikan SD Untuk Menghadapi Tantangan Abad ke-21. Prosiding Konferensi Ilmiah Dasar, 4, 281–288. Retrieved from http://prosiding.unipma.ac.id/index.php/KID
Widiyono, A., & Millati, I. (2021). Peran Teknologi Pendidikan dalam Perspektif Merdeka Belajar di Era 4.0. JET: Journal of Education and Teaching, 2(1), 1–9.
Zamhari, Dwi Noviani, & Zainuddin. (2023). Perkembangan Pendidikan di Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 1(5), 01–10. https://doi.org/10.61132/morfologi.v1i5.42
DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i1.6728
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.