Peningkatan Kemampuan Berbicara Bahasa Inggris Mahasiswa Terapi Wicara Universitas Mercubaktijaya Melalui Teknik Diskusi Pola Piramida

Firdaus Firdaus, Femi Earnestly, Lena Sastri, Allen Christy

Sari


Kemampuan berbicara dalam Bahasa Inggris bagi mahasiswa Terapi Wicara Universitas Mercubaktijaya merupakan bagian yang penting. Tujuan penelitian ini adalah untuk melihat sejauh mana peningkatan kemampuan berbicara bahasa Inggris mahasiswa Terapi Wicara Universitas Mercubaktijaya Lewat Teknik Diskusi Pola Piramida dalam aspek bahasa pemahaman, kelancaran dan pengucapan. Subjek penelitian adalah mahasiswa Universitas Mercubaktijaya pada prodi Speech Therapy sebanyak 30 orang. Penelitian ini dilaksanakan dengan penelitian tindakan kelas yaitu melakukan perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Pelaksanaan dilakukan dengan dua siklus. Hasil tes pada masing-masing siklus dianalisa dengan deskriptif kuantitatif. Hasil pre-test pada pemahaman, kelancaran dan pengucapan adalah 1,7,1,6 dan 1,77 sedangkan pada hasil post-test siklus I adalah 2,23, 2,47 dan 2,67. Terjadi peningkatan pada post-test siklus II dengan hasil 3,13, 3,33, 3,40.  Peningkatan terjadi dalam pelaksanaan penelitian ini dan membuktikan bahwa teknik diskusi pola piramid memberikan peningkatan kemampuan berbicara mahasiswa Terapi Wicara Universitas Mercubaktijaya

 

Kata Kunci: Berbicara, Mahasiswa Terapi Wicara, Teknik diskusi, Pola Piramida

 


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Buhari, Buhari. 2019. “Practicing Discussion in the Form of Pyramid To Improve Students’ Speaking Performance and Classroom Interaction.” Journal of Languages and Language Teaching 7(2):108. doi: 10.33394/jollt.v7i2.1958.

Hasan, Suhandi. 2021. “The Influence of Pyramid Discussion towards Students’ Speaking Ability.” Journal of English Teaching, Applied Linguistics and Literatures (JETALL) 4(1):33. doi: 10.20527/jetall.v4i1.8476.

Hiratsuka, Takaaki. 2021. “A Study into the Pyramid Discussion Approach with Pre-Service English Teachers in Japan.” Indonesian TESOL Journal 3(2):88–102. doi: 10.24256/itj.v3i2.1967.

Kurniawan, I. Wy Ana. 2023. “English Language and Its Importance as Global Communication.” Samā Jiva Jnānam (International Journal of Social Studies) 1(1):51–57.

Lund, Jennifer, and Paula M. Winke. 2008. “Book Review: Brown, H. Douglas (2004). Language Assessment: Principles and Classroom Practices. White Plains, NY: Pearson Education. 324 Pp. $48.00 Paper. ISBN 0—13—098834—0; Brown, James Dean (2005). Testing in Language Programs: A Comprehensive Guide To.” Language Testing 25(2):273–82. doi: 10.1177/0265532207086784.

Matsumoto, Yumi, and Daisuke Kimura. 2024. “Towards Equitable Multilingualism: Promoting Transdisciplinary, Collaborative Dialogue between English as a Lingua Franca and Translingualism.” Educational Linguistics 3(2):148–64. doi: 10.1515/eduling-2023-0012.

S.R., Parupalli. 2019. “The Role of English as a Global Language.” Research Journal Of English (RJOE) 4(1):1–16.

Solehan Arif, Shinta Oktafiana. 2019. Penelitian Tindakan Kelasn. Vol. 11.

Susanti*, Lina, and Fatimatus Zahroh , Dr. Mutmainnah Mustofa, M.Pd. 2021. “243 – 253).” 4(2).

Utomo, Prio, Nova Asvio, and Fiki Prayogi. 2024. “Metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK): Panduan Praktis Untuk Guru Dan Mahasiswa Di Institusi Pendidikan.” Pubmedia Jurnal Penelitian Tindakan Kelas Indonesia 1(4):19. doi: 10.47134/ptk.v1i4.821.




DOI: https://doi.org/10.31869/mi.v19i2.6654

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

INDEXED BY :

   
   


Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. 
Email : lppmumsb@gmail.com



Kunjungan Sampai Saat ini    Web
Analytics Made Easy - StatCounter

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.