ANALISIS KEBUTUHAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) BERBASIS DISCOVERY LEARNING UNTUK SISWA KELAS VIII MTS/SMP
Sari
Salah satu fungsi lembar kerja siswa (LKS) menurut Prastowo (2011:206), yaitu sebagai
bahan ajar yang bisa meminimalkan peran pendidik, namun lebih mengaktifkan peran
peserta didik, akan tetapi LKS yang ada saat ini belum membantu siswa dalam menemukan
konsep secara mandiri sehingga siswa cenderung mengandalkan materi yang dipaparkan
guru dengan metode konvensional maka diperlukanlah LKS yang mampu memfasilitasi
siswa untuk menemukan konsep secara mandiri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk
menganalisis kebutuhan LKS yang berbasis discovery learning. Metode pengumpulan data
dalam penelitian ini adalah dengan cara analisis dokumentasi, wawancara langsung kepada
guru dan penyebaran angket kepada siswa. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas
VIII MTs Muhammadiyah Padangpanjang. Hasil dari penelitian ini adalah. 1) LKS
membantu guru dan siswa dalam kegiatan pembelajaran. 2) LKS yang digunakan belum
berbasis discovery learning. 3) LKS berbasis discovery learning diperlukan oleh guru dan
siswa dalam kegiatan pembelajaran kurikulum 13. Oleh karena itu LKS yang berbasis
discovery learning dapat menjadi salah satu sarana belajar yang bermanfaat dalam
menemukan konsep secara mandiri.
Kata Kunci: Analisis Kebutuhan, LKS Discovery Learning, Wawancara, Angket
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta
Depdiknas. 2008. Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta: Dirjen Pendidikan Dasar
dan Menengah.
Dimyati dan Mudijono. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta
Djaafar, Tengku Zahara. 2001. Kontribusi Strategi Pembelajaran Terhadap hasil Belajar.
Jakarta: UNP
Muliyardi. 2006. “Pengembangan Model Pembelajaran Matematika Menggunakan Komik
di Kelas 1 Sekolah Dasar”. Disertasi tidak untuk diterbitkan. Surabaya. Universitas
Negeri Surabaya
Plomp, T dan Nieveen, N. (eds). 2007. An Introduction to Educational Design Research
Enschede: Netherlands Institute for Curriculum Development (SLO)
Prastowo, Andi. 2011. Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Jogjakarta: Diva
Press
Purwanto, N. 2004. Prinsip-Prinsip dan Teknik Evaluasi pembelajaran. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Rosyidi, Unifah. 2014. Kementrian pendidikan dan kebudayaan.Jakarta: Badan
Pengembangan Sumber Daya Manusia Pendidikan Dan Kebudayaan Dan Penjamin
Mutu Pendidikan.Sudjana, Nana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar.
Bandung: PT Rosdakarya
Sukardi. 2008. Evaluasi Pendidikan Prinsip dan Operasional. Yogyakarta: Bumi Aksara
DOI: https://doi.org/10.33559/mi.v12i11.1068
Article Metrics
Sari view : 691 timesPDF - 355 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
INDEXED BY :
Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : lppmumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.