ANALISIS STRATEGI BAURAN PROMOSI TERHADAP KEPUASAN NASABAH PRODUK TABUNGAN PADA BANK NAGARI CABANG SYARIAH BATUSANGKAR
Sari
enelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi bauran promosi berdasarkan iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation) terhadap kepuasan nasabah pada Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar. Sampel penelitian sebanyak 100 responden yaitu nasabah produk tabungan Bank Nagari Cabang Syariah Batusangkar. Metode analisis adalah analisis regresi linear berganda. Berdasarkan uji t statistik yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa variabel bauran promosi berdasarkan iklan (advertising) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel bauran promosi berdasarkan promosi penjualan (sales promotion) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Variabel bauran promosi berdasarkan hubungan masyarakat (public relation) berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah. Berdasarkan uji f simultan yang dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa bauran promosi berdasarkan iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation) secara keseluruhan berpengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Besarnya pengaruh dari variabel strategi bauran promosi berdasarkan iklan (advertising), promosi penjualan (sales promotion), dan hubungan masyarakat (public relation) terhadap variabel kepuasan nasabah sebesar 91,4%, sisanya sebesar 8,6% dipengaruhi oleh variabel lain yang berada diluar model penelitian.
Kata Kunci: Bauran Promosi, Iklan (Advertising), Promosi Penjualan (Sales Promotion), Hubungan Masyarakat (Public Relation), dan Kepuasan Nasabah
Teks Lengkap:
PDFDOI: https://doi.org/10.31869/me.v11i2.6660
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Supported by Association
Fakultas Ekonomi Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat
Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586.
Email : fekonumsb@gmail.com
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.