Analisis Dampak Penggunaan Bahasa Daerah Terhadap Kemampuan Berbahasa Indonesia Di Sd Negeri 100680 Paolan
Sari
Penggunaan Bahasa daerah berpengaruh terhadap keterampilan berbahasa Indonesia di sekolah dasar. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis dampak dari penggunaan Bahasa daerah terhadap keterampilan berbicara, meunulis, dan membaca Bahasa Indonesia di SD 100680 Paolan. Penelitian ini menggunakan model studi kasus dengan pendekatan kualitatif. Data pada penelitian ini diperoleh melalui obeservasi dan wawancara dengan guru dan siswa di SD 100680 Paolan. Di sekolah tersebut lebih dominan menggunakan Bahasa daerah dengan persantase sebanyak 50% siswa. Siswa-siswa tersebut mengalami kesulitan dalam tata Bahasa, pelafalan dan struktur kalimat dlam Bahasa Indonesia. Namun, dalam penelitian ini juga ditemukan beberapa strategi pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan tersebut seperti penerapan program bilingual, kolaborasi orang tua dan pihak sekolah dan sebagainya. Tujuan dari penelitian ini yaitu membantu siswa dan guru yang berada dalam lingkungan bilingual dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Indonesia.
Kata kunci :Bahasa daerah, kemampuan berbahasa, sekolah dasar, bilingualism, strategi pembelajaran
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Afiyanti, Y. (2008). Validitas Dan Reliabilitas Dalam Penelitian Kualitatif. Jurnal Keperawatan Indonesia, 12(2), 137–141.
Alimin, A. A., & Ramaniyar, E. (2020). Sosiolinguistik Dalam Pengajaran Bahasa: Studi Kasus Pendekatan Dwi Bahasa Di Sekolah Dasar Kelas Rendah. Putra Pabayo Perkasa.
Badan Pusat Statistik Kabupaten Nias. (2020). Hasil Long Form Sensus Penduduk 2020 Kabupaten Nias.
Dhea Santika, Natasya Ariani Ramli, Adrias Adrias, & Nur Azmi Alwi. (2024). Implementasi Model Paikem Terhadap Fokus Belajar Peserta Didik Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2(4), 242–250. Https://Doi.Org/10.61132/Morfologi.V2i4.825
Eliana, N. (2020). Analisis Kemampuan Menulis Kosakata Bahasa Indonesia Siswa Kelas Iii. Jurnal Pendidikan Dasar Unj, 11(1), 45–55. Https://Doi.Org/10.21009/Jpd.011.05
Iskandar, I. (2023). Interferensi Bahasa Daerah Terhadap Keterampilan Berbahasa Indonesia. Jurnal Linguistik Indonesia. Jurnal Ilmiah Multidisiplin Amsir, 2(1), 101–106.
Julianti, D., & Siagian, I. (2023). Analisis Pengaruh Bahasa Daerah Terhadap Penggunaan Bahasa Indonesia. Innovative: Journal Of Social Science Research, 3(2), 5829–5836. Https://J-Innovative.Org/Index.Php/Innovative
Munawaroh, H., Fauziddin, M., Haryanto, S., Widiyani, A. E. Y., Nuri, S., El-Syam, R. S., & Hidayati, S. W. (2022). Pembelajaran Bahasa Daerah Melalui Multimedia Interaktif Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(5), 4057–4066. Https://Doi.Org/10.31004/Obsesi.V6i5.1600
Setyawan, I. (2019). Sikap Generasi Terhadap Bahasa Jawa: Studi Kasus Pada Anak-Anak Usia Sekolah Dasar Di Kota Semarang. Jurnal Ilmiah Komunikasi Makna, 7(2), 30. Https://Doi.Org/10.30659/Jikm.7.2.30-36
DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v4i1.6566
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Indexed By :








Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com

Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0