Tinjauan Literatur: Pengaruh Media Video Animasi Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Pemahaman Konsep Dan Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar

Yesa Dwi Kurnia, Adrias Adrias, Fadila Suciana

Sari


Pendidikan sains di sekolah dasar seringkali sulit untuk meningkatkan pemahaman siswa tentang ide-ide dan meningkatkan keinginan mereka untuk belajar. Salah satu solusi yang dapat diterapkan adalah penggunaan media pembelajaran berbasis video animasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji pengaruh media video animasi dalam pembelajaran IPA terhadap pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah tinjauan literatur dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui studi pustaka dari berbagai jurnal yang relevan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media video animasi memiliki dampak positif dalam meningkatkan pemahaman konsep dan motivasi belajar siswa. Dengan tampilan visual yang menarik, media ini dapat mempermudah siswa dalam memahami materi yang bersifat abstrak serta meningkatkan minat mereka dalam belajar.

Kata kunci: Media Video Animasi, Pemahaman Konsep, Motivasi Belajar, Pembelajaran IPA, Sekolah Dasar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Afidah, Z., Safitri, R. I., & Anggraeni, F. K. A. (2023). Efektivitas Media Pembelajaran Audiovisual Animaker dalam Meningkatkan Hasil Belajar dan Pemahaman Konsep IPA Siswa SMP. U-Teach: Journal Education of Young Physics Teacher, 4(2), 55-62.

Febiyanti, H., & Muhroji, M. (2024). Video Animasi Sebagai Media Meningkatkan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah Al-Multazam, 10(1), 78-88.

Hasriani, H., Ahmad, A., & Saputra, E. E. (2024). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Interaktif Animasi Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ipa. Jurnal Sultra Elementary School, 5(2), 369-381.

Iwantara, I. W., Sadia, I. W., & Suma, K. (2014). Pengaruh penggunaan media video YouTube dalam pembelajaran IPA terhadap motivasi belajar dan pemahaman konsep siswa. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran IPA Indonesia, 4(1).

Nuraeni, W., Kurnianti, E., & Hasanah, U. (2023). Analisis penggunaan video animasi sebagai media pembelajaran terpadu terhadap motivasi belajar siswa sekolah dasar. Jurnal Genta Mulia, 14(2)

Putri, A. G., Ganing, N. N., & Kristiantari, M. G. R. (2022). Video Animasi Materi Sistem Tata Surya Berorientasi Problem Based Learning dalam Pembelajaran di Sekolah Dasar. Journal for Lesson and Learning Studies, 5(1), 106-116.

Rahmanto, D., Aeni, A. N., & Julia, J. (2025). Pengaruh Video Animasi Syamil Dodo terhadap Pemahaman Konsep Materi Hari Akhir Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 22-37.

Rohmah, D. A., Hariyani, Y., & Arifin, Z. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Video Animasi terhadap Pemahaman dan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Kelas V UPTD SDN Tanjung Bumi 04. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(1), 6547-6559.

Shelvia Amanda, Syahira Nabila Zulkim, Adrias Adrias, and Nur Azmi Alwi, ‘Pengembangan Media Pembelajaran IPAS Berbasis Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik’, Morfologi: Jurnal Ilmu Pendidikan, Bahasa, Sastra Dan Budaya, 2.4 (2024), pp. 304–13, doi:10.61132/morfologi.v2i4.842

Siburian, Y., Sirait, E. M., Purba, N., & Thesalonika, E. (2024). Pengaruh Vidio Animasi Berbasis Youtube Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Matapelajaran Ipas Di Kelas Iv Sd N 091273 Karang Bangun. Pedagogika: Jurnal Pedagogik dan Dinamika Pendidikan, 12(1), 169-174.

Sinaga, E. M. (2024). Pengaruh Media Video Animasi Powtoon untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat Siswa Kelas V SD Negeri 060875 Medan pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Mutiara Pendidikan Indonesia, 9(1), 1-9.

Rahmanto, D., Aeni, A. N., & Julia, J. (2025). Pengaruh Video Animasi Syamil Dodo terhadap Pemahaman Konsep Materi Hari Akhir Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Al-Madrasah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Madrasah Ibtidaiyah, 9(1), 22-37.

Wijayanti, L. D. A., Purnomo, H., & Septikasari, Z. (2024). Studi Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Ipa Di Kelas 3. Pendikdas: Jurnal Pendidikan Dasar, 5(2), 62-67.




DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v4i1.6565

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0