Supervisi Akademik Pengawas Pai Terhadap Peningkatan Kompetensi Profesional Guru Pai Sekolah Dasar Se-Kecamatan Batu Aji Kota Batam
Sari
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh supervisi akademik yang dilakukan oleh pengawas Pendidikan Agama Islam (PAI) terhadap peningkatan kompetensi profesional guru PAI di Sekolah Dasar (SD) se-Kecamatan Batu Aji Kota Batam. Kompetensi profesional guru PAI merupakan faktor penting dalam meningkatkan mutu pembelajaran dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif dan korelasional. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang diberikan kepada guru PAI SD di Kecamatan Batu Aji dan dianalisis menggunakan teknik statistik deskriptif dan inferensial. Hasil penelitian menunjukkan bahwa supervisi akademik pengawas PAI memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap peningkatan kompetensi profesional guru PAI. Aspek-aspek supervisi yang berpengaruh meliputi perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, penilaian pembelajaran, dan pengembangan profesional guru. Implikasi dari penelitian ini adalah pentingnya peningkatan intensitas dan kualitas supervisi akademik oleh pengawas PAI sebagai upaya berkelanjutan dalam meningkatkan kompetensi profesional guru PAI, sehingga pada akhirnya dapat meningkatkan mutu pendidikan agama Islam di tingkat Sekolah Dasar.
Kata Kunci: Pengawas PAI, Supervisi Akademik, Kompetensi Profesional guru
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Asnawi, A., & Murniarti, E. (2019). Pengaruh Supervisi Akademik Kepala Sekolah Terhadap Kompetensi Profesional Guru. Jurnal Manajemen Pendidikan, 24(1), 1-7.
Cari dan tambahkan jurnal-jurnal lain yang relevan di Google Scholar atau database jurnal lainnya
Hakim, L. (2016). Supervisi Akademik dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Tarbawi, 13(1), 1-18.
Hasanah, H. (2018). Peran Supervisi Akademik Pengawas dalam Meningkatkan Kinerja Guru PAI. Al-Tadzkiyyah: Jurnal Pendidikan Islam, 9(1), 67-84.
Kementerian Agama Republik Indonesia. (terbaru). Peraturan Menteri Agama tentang Pengawas Madrasah dan Pengawas PAI. (Ganti "terbaru" dengan tahun peraturan yang berlaku)
Mulyasa, E. (2013). Manajemen dan Kepemimpinan Kepala Sekolah. Bumi Aksara.
Oliva, P. F., & Pawlas, P. E. (2013). Supervision for Today's Schools. (9th ed.). John Wiley & Sons.
Qomar, M. (2007). Manajemen Pendidikan Islam: Strategi Peningkatan Mutu Pendidikan. Erlangga.
Republik Indonesia. (2003). Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Republik Indonesia. (2005). Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Sahertian, P. A. (2000). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan. Rineka Cipta.
DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v4i1.6514
Article Metrics
Sari view : 0 timesPDF - 0 times
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.
##submission.copyrightStatement##
Indexed By :








Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com

Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0