Strategi Kepala Madrasah Dalam Mengembangkan Propgram Kegiatan Keagamaan Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Batam

Muhardi Muhardi

Sari


Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi kepala madrasah dalam mengembangkan program kegiatan keagamaan di MAN Batam. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Penelitian ini mengumpulkan data dengan menggunakan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Setelah itu. Data yang telah terkumpul dianalisis dengan tahapan reduksi data, penyajian data, dan terakhir verifikasi atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan hal-hal sebagai berikut: (1) Program Kegiatan Keagamaan di MAN Batam Kepulauan Riau mempunyai Program Kegiatan Keagamaan yang kuat. Madrasah mencerminkan program ini dalam praktik keagamaannya, yang meliputi salat Dzuhur dan Asar berjamaah, Tadarrus al-Quran, salat duha, tahfiz al-Qur'an, dan kegiatan keagamaan lainnya. Program Kegiatan Keagamaan ini mencerminkan komitmen madrasah dalam penguatan pendidikan agama dan spiritual siswa. (2) Kepala madrasah mempunyai peranan penting dalam pengembangan Program Kegiatan Keagamaan di MAN Batam. Melalui kepemimpinannya, kepala sekolah mengkomunikasikan dan mensosialisasikan nilai-nilai keagamaan kepada guru, staf, dan siswa. Beliau memberikan arahan yang jelas dan memberikan bimbingan kepada seluruh pihak yang terlibat dalam upaya mengintegrasikan nilai-nilai agama ke dalam kehidupan sehari-hari di madrasah.

Kata Kunci: Strategi, Kepala Madrasah, Program Kegiatan Keagamaan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agustinus Hermino. Manajemen Kurikulum Berbasis Karakter. Bandung : Alfabeta. 2014

Akdon, Strategi Manajemen For Education Manajemen, (Bandung : ALFABETA 2011)

Departemen Pendidikan Dan Kebudayaan RI, Kamus Besar Bahasa Indonesia, (Jakarta: Balai Pustaka,1997)

Ika Wiranti, Implementasi Program Kegiatan Keagamaan di MTs Ma’Arif Andong Boyolali dalam Meningkatkan Kecerdasan Spiritual Siswa Tahun 2019, Skripsi, (Salatiga : IAIN Salatiga, 2019)

Jalaludin, Psikologi Agama, ( Jakarta : Raja Grafindo Persada, 2001)

Jhon M. Ehson dan Hasan Shadily, Kamus inggris Indonesia. (Gramedia, Jakarta, 1996)

Miftahul Fikri, dkk, Pelaksanaan Evaluasi Program Pendidikan, (Jakarta: Nulis Buku, 2019)

Muhammad. 2021. Metode Penelitian , Surabaya: Cipta Media Nusantara (CMN).

Mulyasa. Manajemen Dan Kepemimpinan Kepala Sekolah (Jakarta : bumi aksara, 2019)

Mustika Abidin, “Pengaruh Penerapan Kegiatan Keagamaan di Lembaga Pendidikan Formal Terhadap Peningkatan Kecerdasan Spiritual Anak”, An Nisa’ : Jurnal Studi Gender dan Anak, Vol.12, No.1, (2019)

Salim dan Haidir, Penelitian Pendidikan: Metode, Pendekatan, dan Jenis (Jakarta: Kencana, 2019).

Sri Hartati, Metodologi Penelitian Sosial (Surabaya: Media Sahabat Cendikia, 2019).

Subagio Atmodiwiryo. Manajemen Pendidikan Indonesi (Jakarta : Ardadizya Jaya, 2005)

Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional/Perguruan Tinggi No 075 tahun 2015

Surat Keputusan Badan Akreditasi Nasional/Perguruan Tinggi No 075 tahun 2015

Syafi’I Antonio, Bang Syariah dari teori ke praktek, cet. 1 (Jakarta: Gemainsani,2001)h. 153

Tim Penyusun Ensiklopedia Islam, ( Jakarta : PT Ichtiar Baru van Hoeve, 1994) , cet ke-3




DOI: https://doi.org/10.31869/jmi.v4i1.6513

Article Metrics

Sari view : 0 times
PDF - 0 times

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


##submission.copyrightStatement##

Indexed By :

Lembaga Penelitian & Pengabdian Masyarakat (LPPM). Universitas Muhammadiyah Sumatera Barat Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com



Jurnal Media Ilmu by LPPM UM Sumatera Barat is licensed underCC BY-SA 4.0