Media Pembelajaran Berbasis Android Meningkatkan Hasil Belajar Tematik Siswa Di Era Society 5.0
Nurhanifa Tamba
Abstract
Society 5.0 adalah memanusiakan manusia dengan teknologi. Society 5.0, adanya manusia, benda dan seluruh semua sistem terhubung di dunia maya, oleh karena itu media pembelajaran berbasis android dapat meningkatkan hasil belajar tematik yang dilakukan secara daring. Media pembelajaran berbasis android adalah suatu aplikasi yang berisi materi yang digunakan siswa dalam hal belajar. Peneliti mengumpulkan data melalui observasi wawancara, survei dan metode blended learning. Penelitian ini adalah siswa kelas V SD Negeri 157013 Sibabangun 5 Tapanuli Tengah Tahun Ajaran 2023/2024. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling, yaitu dengan mengambil dua kelas yang diajarkan dengan guru yang sama. Kondisi awal diperoleh dari ulangan harian 1 dengan nilai rata-rata 70,00 sebagai kelas kontrol dengan menggunakan media pembelajaran powerpoint. Sedangkan nilai rata-rata 83,00 sebagai kelas eksperimen dengan menggunakan media pembelajaran berbasis android. Dengan menguasai media pembelajaran berbasis android, guru sekolah dasar dapat menyajikan pembelajaran yang berbasis android semenarik mungkin, yang berkaitan dengan materi yang akan dipelajari dan menjadi solusi terbaik ketika pembelajaran dilakukan secara daring serta sesuai dengan era society 5.0
Farhana, N., Awiria., & Muttaqien, N. (2019). Penelitian Tindakan Kelas. Medan: Harapan Cerdas.
Fathurrohman, M. (2015). Model-Model Pembelajaran. Yogyakarta: Ar- Ruzz Media Fitri, S.F.N. (2021). Problematika Kualitas Pendidikan di Indonesia. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5 (1), 1617-1620.
Abstract view : 72 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 68 times
Refbacks
There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2023 MEDIA ILMU
Indexed By :
Institute for Research and Community Service (LPPM), Muhammadiyah University of West Sumatra Jl. Pasir Kandang No.4, Pasie Nan Tigo, Kec. Koto Tangah, Kota Padang, Sumatera Barat 25586. Email : lppmumsb@gmail.com